/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Ratusan Wartawan baik media Cetak,Elektonik maupun Online ikuti pelaksanaan  Sosialisasi Ujian Kompetensi Wartawan (UKW), Senin (25/2/2019) di Nada Resto Kisaran.

Pelaksanaan sosialisasi UKW ini diselenggarakan oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Asahan dalam rangka salah satu rangkaian menyemarakan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019 di Kabupaten Asahan.

Sebelumnya dalam menyemarakan HPN tahun 2019 PWI Asahan telah menggelar perlombaan menulis berita yang diikuti puluhan wartawan di Kampus Amik Royal Kisaran

Bupati Asahan,Drs.H.Taufan Gama Simatupang MAP yang diwakili Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Asahan, Rahmad Hidayat Siregar S.Sos MSi dalam sambutanya memberikan apresiasi atas pelaksanaan kegiatan sosialisasi UKW yang dilaksanakan PWI Asahan.

Lanjut Hidayat mengatakan bahwa UKW dapat memperkaya wawasan wartawan, maka itu para rekan rekan yang belum mengikuti UKW diharapkan mengikutinya, agar lebih beretika, bermartabat dan profesional.

Pemkab Asahan siap mendukung program program PWI Asahan dengan harapan wartawan lebih profesional dalam menjalankan profesinya, ujar Hidayat.

Masih kata Hidayat, bahwa Bupati Asahan mengimbau kepada seluruh masyarakat dan insan Pers agar ikut mensukseskan Pemilu Legislatif dan Presiden tahun 2019. Gunakan hak pilih dengan baik dan benar

Ketua PWI Asahan, Indra Sikumbang SH dalam sambutanya mengatakan bahwa saat ini siapa saja bisa menjadi wartawan. Namun hari ini ada perbedaan dalam melaksanakan profesi sebagai wartawan yakni harus memiliki kompetensi yaitu melalui UKW.

Ia juga mengayakan bahwa UKW bertujuan untuk melindungi kepentingan publik, melindungi wartawan, menghindarkan penyalahgunaan profesi dan mengangkat harkat dan martabat wartawan.

" Mari kita jaga profesi wartawan sesuai UU No 40 tahun 1999  tentang Pers, KEJ serta mengikuti UKW",ujar Indra.

Sementara itu, Wakil Ketua PWI Sumut, Rizal Surya dalam paparan materinya menjelaskan tentang beberapa materi yang akan di ujikan didalam pelaksanaan UKW yakni memahami Kode Etik Jurnalistik (KEJ), merencanakan liputan, rapat redaksi, mencari liputan terjadwal (konferensi pers), wawancara cegat, membangun jejaring, menulis berita, menyunting berita sendiri, wawancara tatap muka dan menyiapkan isi rublik.(DS)

Post a Comment

Disqus