/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Kabupaten/Kota sehat sesuai dengan peraturan bersama Mendagri dan Menkes nomor 34 tahun 2005 dan nomor 1138/Menkes/PB/VII/2005  adalah suatu kondisi Kabupaten/Kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk.

Demikian isi pidato tertulis Bupati Asahan,Drs.H.Taufan Gama Simatupang MAP yang di bacakan oleh Wakil Bupati Asahan,H.Surya BSc, Jum'at (8/2/2019) dalam rangka Verifikasi Kabupaten/Kota Sehat yang digelar di Aula Melati Kantor Bupati Asahan.

Sebelumnya pada tanggal 17 Januari 2017, Bupati Asahan telah menandatangani pembentukan tim kabupaten sehat dengan nomor :240/Dinkes tahun 2017, sebagai Pembina Forum Kabupaten Sehat Asahan adalah Drs. H. Zainal Aripin Sinaga, MH dan Ketua Forum Kabupaten Sehat Asahan, H. Humaidi Syamsuri Pane.

Masih kata H.Surya bahwa tujuan dari Verifikasi kabupaten sehat ini adalah untuk menilai kelengkapan dokumen tim pembina dan tim forum kabupaten sehat tahun 2017 dan 2018.

Kabupaten Asahan dengan program kabupaten sehat sudah menetapkan kawasan potensial sebagai "ENTRY POINT" yang dimulai dengan kegiatan sederhana dan disepakati  masyarakat kemudian berkembang menjadi satu aspek yang lebih luas menjadi Kabupaten Sehat.

Kabupaten Asahan tahun 2019 mendapatkan predikat sehat di dua tatanan yakni:
1.Pemukiman dan sarana prasarana sehat
2. Kehidupan masyarakat yang sehat dan mandiri.
Sesuai dengan visi misi pemkab Asahan dimana kabupaten sehat memenuhi kriteria yang ditetapkan akan diberi penghargaan "Swasti Saba Tingkat Padapa, jelas H.Surya.

Akhir pidatonya, Bupati berharap kepad tim verifikasi Provinsi Sumut yang telah hadir di Kabupaten Asahan agar dapat memberikan bimbingan dan arahan kepada tim pembina dan tim kabupaten sehat Asahan agar program Kabupaten Sehat di Asahan dapat berjalan dengan baik.

Dalam kunjungannya ke Kabupaten Asahan, tim pembina verifikasi Pemprovsu yang diketuai, Rusdin Pinem SKM, M. Si memberikan apresiasi kepada Pemkab Asahan yang telah ikut dalam program Kabupaten Sehat dan menjadi yang pertama dalam mengikuti Kabupaten Sehat pada tahun 2019 untuk tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Masih kata Rusdin, bahwa untuk mencapai Kabupaten sehat sesuai yang diharapkan, Pemkab Asahan harus merangkul semua elemen masyarakat dan harus bersinergi antara Forum Kabupaten sehat dan tim pembina serta melengkapi dokumen yang mendukung dan dibutuhkan untuk Kabupaten sehat.

Tampak hadir dalam acara ini,  Wakil Bupati Asahan, Sekretaris Daerah Kab. Asahan, Ketua Forum Kab. Sehat Kab. Asahan, Ketua TP PKK Kab Asahan, OPD dan Camat.(DS)


Post a Comment

Disqus