Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



LABUHANBATU, Sumutrealita.com – Mewakili Bupati Labuhanbatu, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Hj. Lidiawati Harahap .SPsi bertindak sebagai inspektur upacara yang digelar di Halaman kantor Bupati Labuhanbatu, Senin (3/2/2020).

Dalam upacara itu Hj. Lidiawati Harahap membacakan amanat tertulis Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe.ST.MT yang mengatakan, Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga ( KKBPK ) adalah upaya dalam mengendalikan laju pertumbuhan penduduk, program KKBPK tidak hanya dapat menurunkan total fertility rate (jumlah rata-rata anak yang terlahir dari seorang wanita subur) akan tetapi mempersiapkan generasi muda untuk merencanakan kehidupan berumah tangga.

Seiring dengan perkembangan zaman di Tahun 2020 Pemerintah melalui BKKBN melakukan perubahan logo Beat Jingle KB dan Tag line Ayo ikut KB berubah menjadi "Berencana itu keren " hal ini dilakukan untuk merubah mind set Kawula muda dalam merencanakan masa depannya mulai dari pendidikan, pekerjaan dan kehidupan berumah tangga.

Menurut Bupati, lanjutnya, perubahan paradigma program KB yang kian meluas menjadi program KKBPK diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program Kampung KB. Berbagai intervensi pembangunan telah dilakukan untuk menjawab berbagai persoalan yang dihadapi masyarakat.

Secara serentak ditahun 2017 terdapat 27 Kampung KB yang menyebar di sembilan  Kecamatan, kepedulian dan semangat gotong royong serta dukungan dana Desa juga berdampak pada perkembangan Kampung KB di Kabupaten Labuhanbatu.

Untuk menyasar kaum millenial maka dikembangkan strategi lainnya melalui sekolah Siaga kependudukan yang berbasis gerakan Pramuka Saka Kencana, melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan keperdulian dan pemahaman para remaja tentang isu-isu kependudukan, pendewasaan usia perkawinan kesehatan reproduksi dan sebagainya.

“ Beliau menyebutkan agar para remaja dapat memamfaatkan media social dan  menyebarluaskan berbagai informasi tersebut sehingga dampaknya lebih cepat dan luas, hal ini sudah dilakukan oleh sekolah Siaga kependudukan SMK. Alwasliyah. Harapan Sigambal, dan SMK. Siti Banun Kecamatan Rantau Selatan melalui media sosial Instagram dan Facebook,” katanya.

Dalam pidato Bupati Labuhan Batu yang disampaikan  Lidiawati Harahap  bulan Juli 2020 mendatang Kabupaten Labuhanbatu akan menjadi tuan rumah Hari Keluarga Nasional Tingkat Provinsi Sumatera Utara, hal ini tentunya menjadi tanggung jawab kita bersama untuk meraih yang terbaik, untuk itu kerja sama dan dukungan dari semua pihak sangat diharapkan demi suksesnya rangkaian kegiatan ini.

(bs)

Post a Comment

Disqus