Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


LABUHANBATU, Sumutrealita.com –
Ketua Tim Penggerak (TP) PKK  Labuhan Batu Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe bersama Ketua Persit KCK Kodim 0209/LB, Noviana Santoso meninjau kegiatan pelayanan KB gratis yang digagas Dinas P2KB bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Labuhanbatu dalam rangka kegiatan penyuluhan kesehatan ibu dan bayi, serta serasehan Kampung KB yang dilaksanakan di Lapangan eks Pasar Baru, di Jalan Diponegoro Rantauprapat, Selasa (25/2/2020).
 
Turut hadir dalam kegiatan itu, Bupati Labuhanbatu, diwakili Asisten Pemerintahan, Drs. H. Sarimpunan Ritonga, M.Pd, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P2KB) Labuhanbatu, Hj. Lidiyawati Harahap, S.Psi, M.AP.

Dalam sambutannya Bupati Labuhanbatu yang disampaikan oleh Asisten Pemerintahan, Drs. H. Sarimpunan Ritonga, M.Pd mengatakan sangat mengharapkan kepada para Kepala OPD agar dapat menampung aspirasi masyarakat dan menindaklanjutinya dalam program dan kegiatan ditahun yang akan datang.

“ Kepada masyarakat yang hadir dan kepada para Pimpinan OPD untuk terus berinovasi melakukan berbagai terobosan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Kepada para Lurah agar lebih proaktif dan peka terhadap berbagai hal yang ada di lingkungan masing-masing, karena tugas saudara langsung bersentuhan kepada masyarakat. Khusus kepada Lurah Rantauprapat dan Sidorejo agar mendorong masyarakat berperan aktif dalam mengembangkan Kampung KB,” ujar Sarimpunan.

Hal senada disampaikan oleh Ketua TP PKK, Hj. Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe  mengatakan, hari ini dilaksanakan kegiatan penyuluhan kesehatan ibu, bayi dan anak yang bertujuan memberikan pemahaman kepada para orang tua atau calon orang tua untuk mempersiapkan hal-hal berkaitan dengan perkawinan, pengasuhan anak dan tumbuh kembang anak.

“ Sebagaimana kita ketahui bahwa program Kampung KB merupakan Program Nasional, sehingga kegiatan atau berbagai lomba PKK di tahun 2020 ini difokuskan di Kampung KB, artinya, dengan mengintegrasikan berbagai program dan kegiatan pembangunan di lokasi yang sama, maka akan lebih terlihat dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,”katanya.
 
Kegiatan ini, akatanya,  sebagai wadah untuk memperkuat silaturahmi dan berdialog serta bertukar pikiran. Sehingga kita bisa mewujudkan Kabupaten Labuhanbatu yang lebih baik dan maju.
 
“ Adapun peran Pemerintah, partisipasi masyarakat dan dunia usaha harus saling bersinergi,” katanya.
 
Menurut Rosmanidar bahwa membangun keluarga merupakan awal lahirnya generasi mendatang. Ia menyebutkan keluarga merupakan tempat untuk mendidik dan membentuk watak, moral serta melatih kebersamaan sebagai bekal kehidupan bermasyarakat.
 
“ Keluarga adalah wahan pertama dan utama bagi anak untuk menanamkan nilai-nilai agam, budi pekerti dan akhlak yang baik, “ujarnya.
 
Sementara itu, Ketua Persit KCK Kodim 0209/LB, Noviana Santoso mengungkapkan, bahwa pola asuh anak membutuhkan kesabaran, konsisten, teladan, komunikasi, dinamis, realistis, kasih sayang, aturan yang jelas, pujian, manajemen konflik, penjelasan dan kebersamaaan. Pola asuh anak yabg efektif sebagai orangtua harus bisa berkomunikasi dengan anak.

“ Bagaimana ketika anak sudah mulai ingin tahu, apa-apa saja yang harus kita sampaikan, disinilah kita akan mengarahkan anak untuk yang lebih baik sesuai dengan cita-cita yang dinginkan, dari kecil harus diajarkan bagaimana pola mengasuh anak,” jelas Noviana.

Kepala Dinas P2KB Labuhanbatu Hj. Lidiyawati Harahap, S.Psi, M.AP mengatakan pihaknya memiliki program bina keluarga balita, bina keluarga remaja dan bina keluarga lansia yang terdiri dari kader masyarakat ibu-ibu yang memiliki anak balita, remaja dan lansia.
 
“ Disinilah para orangtua dibekali untuk mendidik anak-anak yang baik dan benar,” katanya
Pada kesempatan ini, katanya, kita mendapat kehormatan ada narasumber istimewa yaitu ibu Ketua Persit Kartika Candra Kirana 0209/LB.
 
Sebab salah satu mitra program KKBPK adalah anggota TNI Persit adalah ibu-ibu diwadahi oleh TNI itu sendiri, ujarnya.
 
“ Dinas kesehatan dalam kegiatan ini melakukan pelayanan KB gratis dan pemeriksaan kesehatan,” jelas Lidiyawati.
(bs)

Post a Comment

Disqus