/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Pendidikan Asahan menggelar rapat koordinasi bidang pendidikan tahun 2020 di pendopo rumah dinas Bupati Asahan, Kamis (13/2/2020).

Tampak hadir dalam acara ini, Bupati Asahan, Kepala Dinas Pendidikan Asahan, Sofian MPd, Kepala Dinas Kominfo Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi dan ratusan peserta. 

Kepala Dinas Pendidikan Asahan, Sofian, M Pd dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan digelarnya rapat koordinasi ini adalah untuk menyatukan persepsi tentang tugas pokok dan fungsi pejabat administrator dan pejabat pengawas di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan serta memberikan informasi terkait perencanaan, pembangunan dan tujuan di bidang Pendidikan.

Masih kata Sofiyan bahwa jumlah peserta rapat koordinasi bidang pendidikan sebanyak 499 orang yang terdiri dari jajaran Dinas Pendidikan 25 orang, koordinator pengawas, koordinator penilik dan satuan pendidik non formal sanggar kegiatan belajar 3 orang, koordinator wilayah bidang pendidikan kecamatan 25 orang, kepala TK Negeri 3 orang, kepala SDN 384 orang, kepala SMPN 59 orang.

Sofiayan juga melaporkan bahwa jumlah guru di Sekolah Negeri dibawah binaan Dinas Pendidikan Asahan adalah guru PNS sebanyak 3.497 orang, guru non PNS (guru honorer komite sebanyak 2.331 orang, guru eks K2 sebanyak 95 orang).

Sementara itu, Bupati Asahan, H Surya BSc mengatakan kepada bapak ibu kepala sekolah, baik yang baru dilantik maupun yang masih sebagai pelaksana tugas bahwa kepercayaan yang diberikan kepada bapak ibu dalam mengelola sekolah harus dapat dimaknai sebagai amanah yang harus dapat dijalankan dengan sebaik baiknya dalam upaya meningkatkan pelayanan pendidikan di satuan pendidikan masing masing dengan melaksanakan pola tertib 3 T (tertib administasi, tertib anggaran dan tertib bertugas).

"Melalui 3 T diharapkan kepada kita seluruhnya nantinya akan memperoleh hasil yang maksimal dalam mewujudkan visi dan misi Pemkab Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri," kata H Surya.

Lanjut H Surya mengatakan bahwa saat ini kita telah melakukan beberapa terobosan dalam meningkatkan mutu pendidikan antara lain kita telah melakukan kerjasama dengan Tanoto Foundation dengan mewujudkan program "pintar" yaitu pengembangan inovasi untuk kualitas pembelajaran dengan membentuk 24 sekolah model tingkat SD/MI dan SMP/MTs. Kita juga telah melaksanakan kerjasama dengan Yayasan Literasi Indonesia untuk program peningkatan literasi di Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah untuk 12 sekolah di Kecamatan Air Joman dan Silau Laut.

Kita juga bekerjasama dengan Putra Sampoerna Foundation untuk program beasiswa penuh bagi siswa SLTA untuk dapat kuliah di Arizona University Amerika Kampus Indonesia Sampoerna University dan Program Teacher Learning Centre atau Pusat Belajar Guru yang nantinya akan memberikan pendidikan dan pelatihan kepada para guru untuk dapat berinovasi dan pengembangan metode pembelajaran yang lebih baik dan kreatif.

"Kita akan terus berupaya mencari peluang-peluang dari berbagai pihak untuk secara terus menerus dapat mendukung kita dalam upaya peningkatan SDM di Asahan yang kita cintai ini", kata H Surya.

Pada kesemlatan ini, H Surya berharap agar seluruh stokholder terus bersama-sama untuk senantiasa secara jujur, tulus dan ikhlas dalam mengemban amanah yang dipercayakan kepada saudara untuk terus berinovasi dalam mewujudkan harapan tersebut. (DS)

Post a Comment

Disqus