Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


LABUHANBATU, Sumutrealita.com -  Plh Sekda Kabupaten Labuhanbatu  H. Sarimpunan Ritonga, M.Pd mewakili Bupati Labuhan Batu  menghadiri Apel Sinergitas tiga Pilar Plus Kesiapsiagaan Bencana dan Gelar Pasukan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla)  yang dilaksanakan di Lapangan Ika Bina Jalan H.Tamrin Rantauprapat Kabupaten Labuhanbatu Selasa (25/2/2020)
 
Dalam upacara Siaga Bencana dan gelar pasukan Karhutla terdiri Forkopimda Kabupaten Labuhanbatu yakni Satuan TNI, Polri dan Pemkab Labuhanbatu.
 
Upacara ini dipimpin oleh  Dandim 0209/Lb Letkol Inf Santoso dan Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat SIK.MH serta diikuti Asisten Pemerintahan Sekdakab Labuhanbatu Drs. H. Sarimpunan Ritonga MPd.
 
Kapolres Labuhanbatu AKBP Agus Darojat,SH.MH membacakan  amanat tertulis Presiden RI. Joko Widodo yang mengatakan ” Atas perintah Presiden Republik Indonesia Joko Widodo agar kita berhati - hati dengan munculnya titik api di wilayah kita, secepatnya laporkan jika menemui titik Hot Spot, Perlu diketahui bahwa di Labuhanbatu adalah salah satu wilayah yang rawan akan kebakaran hutan dan lahan.

“ Saya menghimbau kepada masyarakat kiranya dapat bergandengan tangan dengan Pemerintah untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya Karhutla. Dan kepada perusahaan segera turunkan relawan terlatihnya untuk selalu mengawasi lahan yang sering menjadi munculnya titik api.apabila muncul titik api yang masih kecil cepat lakukan pemadaman agar tidak menyebar menjadi besar, ucap Kapolres dalam amanat presiden,” katanya.

Dandim 0209/LB  Letkol Inf Santoso berpesan Karhutla adalah tanggung jawab kita bersama, mari kita cegah penyebab terjadinya kebakaran, mencegah jauh lebih baik daripada memadamkan, jangan biarkan titik api yang kecil menjadi besar sehingga membutuhkan dana dan tenaga yang besar untuk memadamkanya.
 
Adapun fungsi Bhabinsa dan BhabhinKamtibmas berikanlah selalu pemahaman dan sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara mencegah supaya karhutla tidak terjadi, jelas Santoso.
Apel tersebut dihadiri Satuan TNI Kodim 0209/lb, Kompi senapan C, Satuan Polri Polres Labuhanbatu,Pemkab Labuhanbatu seperti Ketua TP.PKK Labuhanbatu, Hj.Rosmanidar Hasibuan, para OPD, BPBD, Kakan Kemenag Kabupaten Labuhanbatu, Perwakilan Kejaksanaan Negeri Rantauprapat, Para Camat, Lurah dan Kepala Desa, serta unsur Bhabinkamtibmas, Babinsa, Satpol PP, Pemadam Kebakaran,  Dinas Kesehatan, dan Perusahaan Perkebunan. (bs)


Post a Comment

Disqus