/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



BATAM, Sumutrealita.com - Dinas Perhubungan Kota Batam bersama Sat Lantas Polres Barelang menyepakati lampu lalu lintas di simpang Flyover Laluan Madani mengalami perubahan skema. 

Sebelumnya untuk kendaraan arah Sukajadi-Batam Centre dan Indomobil-Sekupang berjalan bersamaan. Artinya hanya ada tiga fase yang berjalan di persimpangan tersebut.

Namun sejak Selasa (11/2/2020) masing-masing arah di lokasi yang dulu dikenal sebagai Simpang Jam ini sudah berjalan di waktu berbeda. Sehingga traffic light di titik tersebut sudah menjadi empat fase.

“Memang jadinya bertambah durasi jam tunggu traffic light selama 25 detik. Tetapi keputusan ini sudah benar-benar dikaji dengan baik berdasarkan kesepakatan bersama Sat Lantas Polresta Barelang, sesuai aturan yang berlaku,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Rustam Efendi di Batam Centre, Kamis (13/2/2020).

Rustam mengatakan Dinas Perhubungan sangat membuka diri atas keluhan dan masukan dari masyarakat. Setiap keluhan didengar dan dihargai.

Oleh karena itu pihaknya juga tidak menutup kemungkinan sistem di lampu lalu lintas ini akan kembali ke fase sebelum ini.

“Kita masih mengevaluasi terus kebijakan yang berlaku saat ini. Jika memang hasil kajian kami ke depan kurang efektif, tidak menutup kemungkinan kembali ke tiga fase seperti sebelumnya,” kata dia.

Ia memastikan bahwa traffic light di Laluan Madani sudah berfungsi baik. Rambu petunjuk arah juga sudah lengkap. Akan tetapi masih ada pengendara yang kurang menaati peraturan sehingga dapat menyebabkan kecelakaan.

“Seperti yang terjadi beberapa hari lalu. Dari informasi yang diketahui kecelakaan kemarin adalah murni human error (kesalahan manusia). Pengendara tersebut adalah pendatang baru di Kota Batam. Ia melihat google map dalam perjalanannya,” terang Rustam.

Terkait barrier yang sebelumnya terpasang, menurut Rustam, memang sudah dilepas. Karena sesuai ketentuan, barrier itu hanya dipasang saat ada penutupan jalan yang bersifat temporer atau untuk sosialisasi apabila ada perubahan arah jalan.

“Untuk arah lalu lintas di Laluan Madani ini kan sudah berjalan lebih dari satu tahun. Karena itu barrier-nya kami pindahkan,” ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat untuk berhati-hati di jalan.

“Patuhi semua rambu lalu lintas, traffic light, serta utamakan keselamatan dalam berkendara demi kenyamanan dan kebaikan bersama,” pungkasnya. (MCB)

Post a Comment

Disqus