Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



LABUHANBATU, Sumutrealita.com – Pemkab Labuhanbatu melalui  Dinas Kepemudaan Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata menggelar pelatihan kewirausahaan pemuda yang digelar di Aula Gedung Kesenian Labuhanbatu, di Jalan Meranti Rantauprapat, Kabupaten Labuhanbatu,  Selasa (11/2/2020).

Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe saat membuka pelatihan itu mengajak pemuda, mahasiswa dan pengusaha untuk menjadikan Labuhanbatu, sebagai lumbungnya inovasi, di Provinsi Sumut.

Beliau menyebutkan kewirausahaan itu dimulai dari yang kecil kemudian akan menjadi besar, untuk itu jadikan Labuhanbatu sebagi lumbungnya inovasi di Sumut.

Dibulan April mendatang, katanya, dirinya akan menjadi narasumber di Kementerian Dalam Negeri.

“ Dari sekian Bupati yang ada, saya dipilih karena sudah banyak inovasi di Kabupaten Labuhan Batu,” katanya

Beliau menginginkan  kewirausahaan membuat inovasi dengan menciptakan hal-hal yang belum ada di Sumatera Utara, semua produk akan dibuat lebel, bahwa produk tersebut asli dari Labuhanbatu dan tidak ada ditempat lain. Contohnya : sirup nenas akan menjadi icon Labuhanbatu, semoga daerah kita bisa dikenal se-Indonesia karena sirup nenasnya, selanjutnya ada juga ikan terubuk

“ Saya berharap, pertemuan ini akan membuahkan hasil,” katanya.

Untuk mendukung kewirausahaan, katanya Pemkab Labuhanbatu telah menyediakan tempat-tempat untuk UKM, seperti pusat oleh-oleh Labuhanbatu, di tugu selamat datang Rantauprapat dan lapangan Ika Bina En Pabolo.

“ Bangunan Pujasera, juga akan saya buat menjadi tempat-tempat usaha dan UKM, sehingga jika ada tamu datang ke Labuhanbatu akan datang ke Pujasera untuk mencari buah tangan atau oleh-oleh untuk dibawa pulang,” katanya.

“ Walaupun Labuhanbatu berada di pinggir Sumatera Utara, tetapi kita terus mengenalkan diri, bahwa potensi kita sangat luar biasa yang tersebar di gunung, laut dan lainnya. Kami juga akan terus bekerja keras memajukan pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu,” tambahnya.

Sementara itu Plt. Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Labuhanbatu, H. Syahrizal Hasibuan mengatakan tujuan pelatihan ini adalah untuk mendorong agar lebih memacu motivasi untuk berusaha.

“ Tujuan pelatihan ini untuk melatih peserta secara bertahap agar memiliki kompetensi kewirausahaan dan bisnis,” ucapnya

Ia menjelaskan kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama 2 hari, dari tanggal 11 sampai dengan 12 Februari 2020, dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang dengan sasaran capaian pada hari pertama yaitu praktek pembuatan sirup nenas dan selai nenas, kemudian pada hari kedua praktek pembuatan kerak telur.

Kegiatan pembukaan pelatihan ini dihiasi dengan penyematan tanda peserta, penyerahan buku dan diskusi ini menghadirkan nara sumber sebanyak 2 orang yaitu M. Tahir, S.Pd Kabid Layanan Kepemudaan Dispora Provinsi Sumatera Utara dan Irfan Mirza Sumantri, SE, Wirausaha Muda Sumut.

Turut hadir dalam kegiatan ini sejumlah Kepala OPD Pemkab Labuhanbatu, Ketua DPD KNPI dan Ketua Karang Taruna. (bs)

Post a Comment

Disqus