Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


LABUHANBATU, Sumutrealita.com – Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu, Hj.Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe membuka Stake Holder Meeting yang digelar pengurus Cabang HIMPAUDI  Kecamatan Rantau Utara bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Labuhanbatu yang dilaksanakan di Aula Dinas Perpustakaan kabupaten Labuhanbatu di Jalan Meranti, Selasa (4/2/2020).

Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu, Hj.Rosmanidar Andi Suhaimi Dalimunthe dalam sambutannya mengatakan stakeholder Meeting ini mengacu kepada Undang-undang No.43 Tahun 2007 tentang  Perpustakaan pasal 2 yakni, Perpustakaan diselenggarakan berdasarkan asas pembelajaran sepanjang hayat, demokrasi, keadilan keprofesionalan keterbukaan keterukuran dan kemitraan.

Hj.Romanidar menyampaikan  perpustakaan mengemban amanah sebagai tempat pembelajaran dan kemitraan bagi masyarakat yang dikelola profesional dan terbuka bagi siapa saja dan semua kalangan, sehingga dapat mewujudkan masyarakat yang berkeadilan dan dapat diukur capaian kinerja bagi kesejahteraan masyarakat, pembelajaran sepanjang hayat merupakan kunci dalam pengembangan transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial'.

“ Kegiatan ini merupakan pembangunan kesejahteraan yang melibatkan lembaga pendidikan anak usia dini sebagai peserta yang bermakna untuk memberikan pemahaman yang jelas tentang fungsi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang tujuannya untuk memperkuat peran dan fungsi perpustakaan agar tidak hanya sekedar tempat penyimpanan dan peminjaman buku, namun menjadi wahana pembelajaran sepanjang hayat,”  sebut Hj.Rosmanidar

Ia menyebutkan kegiatan hari ini merupakan upaya menyeluruh yang melibatkan warga sekolah, Kepala Sekolah, Guru dan peserta didik sebagai bagian dari ekosistem pendidikan sehingga membutuhkan dukungan kolaboratif berbagai elemen  upaya yang ditempuh untuk mewujudkannya berupa pembiasaan membacakan buku yang dilakukan oleh Guru.

Kepala Dinas Perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Labuhanbatu, Ir.H.Leo Sunarta. MMA. dalam sambutannya mengatakan apa yang telah dilakukan hari ini adalah upaya untuk bagaimana anak-anak sebagai aset Bangsa yang harus dipelihara dan digali potensinya karena 20-30 tahun yang akan datang mereka akan menggantikan kita sebagai pemimpin.

“ Pembinaan kita mulai dari pendidikan, mereka diperkenalkan dengan membaca sejak dini dan bagaimana menjadikan budaya membaca adalah hal yang mengasyikkan serta menyenangkan untuk anak-anak, kita jadikan anak-anak PAUD yang berkunjung ke Dinas Perpustakaan seperti berwisata edukasi, “ sebut Leo

Ia menyebutkan untuk dapat memberdayakan perpustakaan lebih maju kedepan, diperlukan  dukungan dari HIMPAUDI  dibawah pimpinan BUNDA PAUD bagaimana agar dapat menggerakkan potensi yang ada di HIMPAUDI dapat berdaya guna jelas.

 Ketua Tim Penggerak PKK dan Bunda PAUD Kabupaten Labuhanbatu  Hj. Rosmanidar mengharapkan ibu-ibu PKK bisa lebih cerdas, pintar dengan membaca dan mengetahui apa saja yang ada di perpustakaan, saat ini sudah ada 6 percontohan Perpustakaan Desa diantaranya Desa Kampung Baru Kecamatan Bilah Barat, Desa Tebing Linggahara, Sidorukun, Lingga Tiga dan Sei.Tampang

Adanya perpustakaan Desa tujuannya agar ibu rumah tangga bisa lebih cerdas dan menggerakkan ekonomi rumah tangga dengan membaca, kami siap mendukung program HIMPAUDI dan program Tim Penggerak PKK.

Ketua HIMPAUDI Rantau Utara, Munawar Nasution.SH. menjelaskan kegiatan ini merupakan bagian dari RKTL HIMPAUDI dan harus merealisasikan dan mensosialisasikannya ke sekolah-sekolah PAUD, pihaknya telah melakukan kunjungan ke perpustakaan. (bs) 


Post a Comment

Disqus