/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Seorang warga Kelurahan Sidomukti Kecamatan Kota Kisaran Barat  berinisial L (43), berjenis kelamin Perempuan dinyatakan Positif Covid-19.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Asahan, H Rahmad Hidayat Siregar S.Sos MSi, Senin (22/6/2020) melalui Press Releasenya.

" kami memperoleh data bahwa pasien  L adalah warga Kelurahan  Sidomukti, yang dirawat di RS. Vita Insani Pematang Siantar dan kini telah meninggal Dunia," kata Hidayat.

Masih dikatakan Hidayat bahwa pada tanggal 4 Juni 2020, Pasien sempat berobat kesalah satu RS Swasta di Kisaran dengan mengalami gejala demam disertai batuk selama 7 hari dan Pasien sempat dirawat inap selama kurang lebih 6 hari di RS.

" Pada tanggal 09 Juni 2020, Pasien atas inisiatif sendiri berobat secara mandiri ke RS Vita Insani Pematang Siantar dengan gejala demam dan batuk kembali," ujar Hidayat.

Selanjutnya pada tanggal 10 Juni, Pihak RS Vita Insani dalam pencegahan Covid-19 pasien dilakukan pemeriksaan Rapid Test Covid-19 dengan hasil Reaktif, sehingga langsung dirujuk ke RSUD Djasmen Saragih Pematang Siantar dengan status PDP Rawatan.

Pada tanggal 11 Juni, pihak Surveilans Dinkes Kota Pematang Siantar menginformasikan  dan berkoordinasi dengan Surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan dikarekan pasien beralamat KTP di Kabupaten Asahan.

Selanjutnya pada tanggal 12 Juni, dilakukan pengambilan Spesiemen pertama dengan cara Swab melalui Nasofaring kepada pasien tersebut, dan Pada Tanggal 18 Juni 2020 dilakukan pemeriksaan Spesiemen Swab kedua melalui Nasofaring kepada Pasien tersebut.

Pada tanggal 20 Juni 2020, berdasarkan Informasi dari Dinkes Kota Pematang Siantar, pasien dinyatakan meninggal Dunia pada Pukul 18.00 Wib waktu setempat dan Almarhumah dikebumikan di Perkuburan Sidomukti Kisaran dengan menerapkan Protokol penanganan Covid 19.

Selanjutnya pada tanggal 21 Juni, Dinas Kesehatan  Kabupaten  Asahan berdasarkan koordinasi dengan Dinkes Kota Pematang Siantar  mendapatkan  Informasi mengenai hasil Laboratorium pasien berinisial L tersebut dengan Hasil Positif secara Swab Nasofaring.

Pada Tanggal 22 Juni 2020, Dinas Kesehatan Kab. Asahan menindaklanjuti Hasil pemeriksaan laboratorium ( Swab ) Positif dari Kasus diatas, dengan melaksanakan pemetaan / Screening seluruh kontak erat resiko terpapar dari kasus dimaksud melalui puskesmas Sidodadi Kecamatan Kota Kisaran Barat Kabupaten Asahan.

" Sampai saat ini pelaksanaan pendataan kontak erat masih dilakukan," ujar Hidayat.

Dikesempatan ini, Hidayat Kembali menghimbau Kepada Masyarakat untuk tetap memegang teguh Protokol Penanganan Covid 19 dengan tetap memakai masker, hinndari lokasi keramaian, cuci tangan pakai sabun dan sering berolah raga serta tetap jaga Kesehatan.

Hidayat juga menyampaikan bahwa data Covid-19 di Asahan, Positif sebanyak 9 orang (4 masih dirawat, 3 telah sembuh, dan 2 orang meninggal dunia) , sedangkan kasus PDP sebanyak 2 orang. (DS)

Post a Comment

Disqus