/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


SERGAI, Realitamedia.com
– Persawahan warga Dusun III Desa Sei Belutu Kec. Sei Bamban terendam air lantaran tanggul di Desa tersebut jebol sekitar 10 meter.

Bupati Sergai Ir H Soekirman langsung turun meninjau tanggul yang jebol itu begitu mendapat informasi dari masyarakat pada Jumat, (12/6/2020).
   
Dalam sambutannya Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan jebolnya tanggul itu i mengakibatkan beberapa areal persawahan penduduk terendam air dari aliran Sungai Belutu.

“ Untuk itu kami hadir dalam rangka monitoring dan memberikan semangat kepada masyarakat serta melihat langsung inisiatif Dinas PUPR, Camat Sei Bamban beserta Muspika, unsur desa sekaligus tokoh masyarakat yang melakukan gotong royong bersama-sama,” kata Bupati Sergai.

Bupati Sergai yang juga sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease (Covid-19) memberi apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada seluruh yang hadir atas kekompakkan dalam melaksanakan pekerjaan secara bergotong royong. Begitupun kepada Balai Wilayah Sungai (BWS) Wilayah II Sumut yang hari ini memberikan bantuan kawat bronjong guna memperbaiki tanggul yang jebol tersebut.

“ Sepanjang 10 meter tanggul yang jebol, saat ini tengah dikebut untuk segera diperbaiki karena kita melihat cuaca di Hulu kemungkinan akan kembali turun hujan,” katanya.

Ia juga juga meminta kepada Camat Sei Bamban agar terus menghimbau warga terutama kelompok tani, P3A, masyarakat, dan pemilik sawah untuk menggiatkan budaya gotong royong.

Dengan menggunakan bahasa Batak yang fasih, Bupati Sergai menyebutkan bahwa masyarakat di desa ini mayoritas bersuku Batak yang berasal dari daerah Tapanuli, maka seperti pepatah Batak, kita harus Marsiurupan, Marsiamin-aminan, Marsitukkol-tukkolan Soasuadirobean dengan kata lain saling dukung-mendukung, seia-sekata dan kompak dalam mengerjakan kebaikan. Semoga dengan kegiatan gotong royong ini sembari kita berdoa agar hujan tidak turun lagi dengan lebat dan debit air di sungai ini tidak akan naik lagi.

Seperti yang kita lihat tenaga dari Dinas PUPR dan masyarakat berlomba dengan waktu,
“ Mumpung airnya masih surut terus mencoba melakukan perbaikan tanggul yang jebol tersebut agar dapat berfungsi kembali menahan masuknya air ke lahan masyarakat. Sekali lagi kami ucapan terima kasih kepada kekuatan masyarakat serta Dinas PUPR dan BWS Wilayah II Sumut, karena dengan bergotong royong maka pekerjaan seberat apapun akan dapat kita selesaikan bersama,” katanya.

Sementara itu Kadis PUPR Ir. Johan Sinaga, M.AP dalam sambutannya menyampaikan laporan bahwa Dinas PUPR langsung bergerak ke lokasi jebolnya tanggul setelah mendapatkan instruksi dari Bupati Sergai serta laporan dari Camat dan masyarakat. Hal ini adalah reaksi cepat sebagai aparatur pemerintah guna menghadirkan negara ditengah-tengah masyarakat.

“ Untuk pelaksanaan perbaikan tanggul yang jebol sepanjang 10 meter ini, kami mengerahkan seluruh jajaran baik dari tenaga honorer maupun ASN yang ada di lingkungan Dinas PUPR bersama Camat, Muspika, serta masyarakat agar perbaikan dapat segera diselesaikan. Untuk material perbaikan tanggul yang jebol ini kami juga mendapat support bahan kawat bronjong dari BWS Wilayah II Sumut,” katanya.


Sedangkan Kadis Ketahanan Pangan, Ir. M Aliuddin, MP dalam sambutannya mengatakan dengan adanya beberapa kerusakan pengairan dibeberapa wilayah di Kabupaten Sergai, disampaikan bahwa belum ada pengaruh langsung atas ketersediaan pangan yang ada.

Sampai kini ketersediaan pangan berupa beras di Kabupaten Sergai masih cukup aman. Namun demikian kita berharap permasalahan tanggul jebol seperti ini dapat secepatnya segera diperbaiki sehingga masyarakat dapat menanam kembali tanaman yang rusak akibat tanggul jebol seperti yang kita lihat pada hari ini. Nantinya pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan akan memberikan bantuan pengganti bibit padi yang terdampak banjir ataupun jebol tanggul tersebut.

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut  Bupati Sergai Ir H Soekirman, Kadis PUPR Ir. Johan Sinaga, M.AP beserta jajaran, Kadis Ketahanan Pangan Ir. H. Aliuddin SP, Kabag Umum M. Safransah Putra Nasution, S.STP, Camat Sei Bamban Juniar Marolop Gultom SH, Muspika, Gabungan Kelompok Tani, dan masyarakat sekitar. (Bon)

Post a Comment

Disqus