/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Bupati Asahan, H Surya BSc menghadiri pelaksanaan gerak tanam padi sawah serentak di Desa Serdang Kecamatan Meranti, Jum'at (12/6/2020).

Selain Bupati Asahan juga tampak hadir Asisten I, Drs Jhon Hardi Nasution, Asisten II, Drs Bambang HS, Kadis Pertanian, Ir Oktoni Iryanto, Kadis  Kominfo, Rahmat Hidayat Siregar SSos MSi, Camat dan Forkopimcam.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan, Ir Oktoni Iryanto dalam laporannya mengatakan bahwa pelaksanaan gerakan tanam padi sawah serentak yang dilakukan pada hari ini adalah  dalam rangka mendukung program swasembada pangan berkelanjutan. 

Gerakan tanam padi serentak ini diharapkan adanya sinergitas positif antara semua pemangku kepentingan baik Eksekutif, Legislatif, swasta serta seluruh komponen masyarakat khususnya petani yang menjadi ujung tombak keberhasilan pembangunan sektor pertanian.

Lanjut Oktoni menyampaikan bahwa  untuk tahun 2020 telah direalisasikan bantuan benih padi untuk lahan seluas 2.025 ha yang bersumber dari APBN seluas 1.600 Ha, APBD Propinsi Sumut seluas 100 ha dan APBD Kabupaten Asahan seluas 325 ha.

Sementara itu, Bupati Asahan, H Surya BSc dalam sambutannya menyampaikan komitmen Pemerintah RI sangat serius dalam mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik dengan menitik beratkan pada kedaulatan pangan dan mensejahterakan petani.
Saat pandemi covid 19 sekarang ini, Pemerintah dihadapkan pada dua tantangan besar disektor pertanian yaitu mencukupi pasokan pangan dengan harga terjangkau disisi lain kesejahteraan petani juga harus diperhatikan.

Masih kata Bupati Asahan, mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan melalui Dinas Pertanian terus melakukan upaya peningkatan produksi sebagai upaya percepatan swasembada pangan, upaya tersebut diwujudkan dengan membangun jaringan irigasi dari sei silau untuk menaikkan debit air sungai bunut dan pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan sumber air untuk persawahan di Kecamatan Meranti dan Rawang Panca Arga.

Bupati Asahan juga  menyampaikan harapannya kepada petani di Kabupaten Asahan khususnya Kecamatan Meranti dan Rawang Panca Arga untuk tetap mempertahankan lahan pertaniannya. Jangan alih fungsiksn lahan sawah menjadi perkebunan sawit dan lainnya.

Bupati Asahan berpesan kepada seluruh masyarakat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan dengan tetap memakai masker, jaga jarak, cuci tangan pakai sabun dan terapkan pola hidup bersih sehat. (DS)

Post a Comment

Disqus