Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


LABUHANBATU, Sumutrealita.com – Untuk meringankan beban masyarakat yang kurang mampu akibat dampak dari Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Pemkab Labuhanbatu memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) yang bersumber dari APBD kabupaten Labuhanbatu Tahun Anggaran (TA) 2020 tahap I.

Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe  pada Selasa (23/6/2020) menyerahkan secara simbiolis kepada penerima bantuan itu warga kecamatan Bilah Hilir.

Jumlah warga kecamatan Bilah Hilir yang mendapat bantuan itu sebanyak 3.008 Kepala Keluarga (KK) yang tersebar di lima Desa yakni : Desa Selat Besar, Desa Sei Tarolat, Desa Sei Tampang, kelurahan Negeri Baru dan kelurahan Neger Lama.

Bupati Labuhan Batu H Andi Suhaimi Dalimunte ST MT dalam sambutannya mengatakan bahwa ada 38.507 KK mayarakat Labuhanbatu yang menerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dari APBD TA 2020, setiap KK menerima Rp 300 ribu,- dengan nilai anggaran total Rp 11. 522.100.000,-  hal ini dilakukan untuk membantu masyarakat Labuhanbatu yang terdampak Covod 19.

Ini semua dilakukan merupakan salah satu bentuk kepedulian dan perhatian pemerintah kabupaten Labuhanbatu terhadap kondisi masyarakat yang terdampak Covod-19, yang menimbulkan dampak sosial perekonomian masyarakat serta menurunkan pendapatan secara statis.

Dari itu dengan kebijakan, lanjutnya, pemerintah berharap mampu sedikit mengurangi kebutuhan masyarakat sehari hari, terlebih-lebih dibulan ini memasuki masa sekolah. Semoga dengan nominal uang tersebut mampu mencukupi kebutuhan sekolah anak-anak kita, seperti untuk membeli tas, buku, dan juga sepatu.

Bupati Labuhanbatu juga menyebutkan, sebelum menerima bantuan ini masyarakat harus tau kenapa bantuan APBD 2020 kabupaten Labuhanbatu agak lambat dan hanya Rp 300 ribu,- 

“ Karena diawal direncanakan pemkab Labuhanbatu hanya menganggarkan 20.000 KK, namun setelah dipahami dan diperiksa masih banyak masyarakat yang belum mendapat bantuan, maka dilakukan pendataan ulang dan perhitungan yang matang karena saya tidak mau jika masih ada masyarat labuhan batu yang ngak menerima bantuan, dan akhirnya kita simpulkan data terakhir sebanyak 38 507 KK yang kita berikan bantuan dari APBD 2020 kabupaten Labuhanbatu,” kata Bupati Labuhanbatu.

Ia menjelaskan hari ini untuk Kecamatan Bilah Hilir Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu memberikan bantuan kepada 3008 kepala Rumah Tangga, se Kecamatan Bilah Hilir. Yang dibagikan untuk desa Selat Besar sebanyak 386 KK, Desa Sei Tarolat sebanyak 190 KK, Desa Sidomulio sebanyak 287 KK, Desa Tanjung Haloban sebanyak 291 KK, Des Sei Tampang sebanyak 327 KK, Kelurahan Negeri Baru 683 KK, Desa Kampung Bilah sebanyak 143 KK, Desa Negeri Lama Seberang sebanyak 143 KK, Desa Perkebunan Negeri Lama sebanyak 19 KK, Kelurahan Negeri Lama sebanyak 293 KK, Desa Sei Kasih sebanyak 236 KK.

Sementara itu, Camat Bilah Hilir Bagun Siregar S Pd mengucapkan banyak terima kasih kepada Bupati Labuhanbatu yang berkenan hadir pada acara penyerahan bantuan BST APBD kabupaten Labuhanbatu.

“ Kehadiran pak Bupati Labuhanbatu ini salah satu penghormatan khusus dan akan menjadi sejarah bagi desa ini, karena baru kali ini seorang bupati yang berkenan hadir dan bertatap muka dengan masyarakat Selat Besar dan masyarakat Sei Tampang, semoga dengan kedatangan beliau menjadi tuah dengan desa ini,” katanya.

Turut hadir dalam penyerahan BST ini, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu,  Faisal Amri Siregar ST, Kadis PMDK Abdi Jaya Pohan, Kadis Sosial H Zainuddin Harahap SH, Kaban Litbag Juhri, Kadishub Tuahta R Saragih, Danramil 09/NL Kapten Inf Sofian Sukri, Kapolsek Bilah Hilir AKP H Ahmad Syafi’i Lubis, Camat Bilah Hilir Bangun Siregar. (BS)

Post a Comment

Disqus