Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Dalam upaya pemulangan sebanyak 184 Pekerja  Migran Indonesia (PMI) asal Kabupaten Asahan yang saat ini berada di Malaysia, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Asahan menggelar rapat lanjutan dengan GTP2 Covid -19 Kota Tanjung Balai, Rabu (3/5/2020) di Sekretariat GTP2 Covid-19 Kabupaten Asahan.

Dalam sambutanya, Ketua GTP2 Covid-19 yang juga sebagai Bupati Asahan, H Surya BSc mengucapkan terimakasih atas kehadiran GTP2 Covid-19 Kota Tanjung Balai

Rapat ini merupakan rapat lanjutan dari rapat sebelumnya terkait pemulangan PMI asal Asahan yang masih berada di negeri tetangga yakni Malaysia dan untuk saling tukar informasi serta bekerjasama tentang  tata cara pemulangan PMI yang telah dilakukan oleh kota Tanjung Balai yang telah terlebih dahulu dilakukan.

Lanjut H Surya menyampaikan bahwa kegiatan pemulangan PMI asal Asahan yang berada di Malaysia merupakan kegiatan kemanusiaan dan pemulangan ini atas permintaan dari PMI itu sendiri melalui surat dan video yang dikirimkan kepada Pemerintah Kabupaten Asahan serta GTP2 Covid-19 Kabupaten Asahan.

" Pemerintah Kabupaten Asahan akan menyiapkan seluruh administrasi yang diperlukan untuk proses pemulangan tersebut dan juga telah membuat tim koordinator lapangan yang berada di Malaysia," kata H Surya.

Masih kata H Surya mengatakan bahwa dalam pemulangan PMI ini kita akan mengikuti protokol kesehatan sehingga proses pemulangan PMI ini dapat berjalan dengan baik sesuai dengan yang kita harapkan.

" Saya berharap kepada seluruh Unsur yang tergabung dalam Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan, Tanjung Balai dan instansi terkait dapat membantu pemulangan PMI ini," ujar H Surya.

Sementara itu ditempat yang sama Kapolres Asahan, Dandim 0208/AS,  Kejaksaan Negeri Kisaran, DanLanal TB/AS yang juga merupakan Wakil Ketua GTP2 Covid 19 sama sama mendukung sepenuhnya pemulangan PMI Asal Asahan.

Dikesempatan ini juga Wali Kota Tanjung Balai H. M. Syahrial, SH, MH mengatakan bahwa dalam pemulangan PMI ini, Pemerintah Kabupaten Asahan harus melengkapi administrasi yang dibutuhkan sehingga nantinya dalam proses pemulangan para PMI tersebut tidak mengalami kendala, baik itu administrasi di Negara kita Indonesia maupun di Negara Malaysia.

Walikota juga menyampaikan agar antara GTP2 Covid-19 Kabupaten Asahan dan Tanjung Balai selalu melakukan koordinasi. 

"Semoga niat dari Pemerintah Kabupaten Asahan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dalam pemulangan PMI ini dapat berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan," ujar Walikota Tanjung Balai

Dikesempatan ini juga KSOP Tanjung Balai Asahan Afrizal Tanjung. ST. M. MTr, KKP Tanjung Balai Lisdawati, ST, M. Kes, Perwakilam Imigrasi Kasi Lalu Lintas dan Ijin Tinggal Imigrasi Tanjung Balai Imam Bahri, SH, MH, Wakil Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan (Danlanal Tanjung Balai Asahan Letkol Laut (P) Dafris, M.Sc.,(M.S), Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto, Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S. Sos dan Sekretaris Daerah Kabupaten Asahan Taufik Zainal Abidin Siregar, S. Sos, M. Si) serta instansi terkait baik di Pemerintah Kabupaten Asahan dan Tanjung Balai menyatakan kesiapannya untuk mendukung Pemerintah Kabupaten Asahan dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Asahan dalam pemulangan PMI asal Asahan yang berada di Malaysia. (DS)

Post a Comment

Disqus