/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



Asahan,Sumutrealita.com

Setelah bertambah 4 orang warga Asahan yang terpapar virus Covid-19, kini bertambah kembali 1 orang warga Asahan yang sebelumnya berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) juga dinyatakan berstatus positif Covid-19.

Demikian disampaikan Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid-19 Kabupaten Asahan melalui Press Releasnya, Kamis (25/6/2020).

" OTG yang terpapar covid 19 itu berinisial MAP (27) berjenis kelamin laki laki warga Desa Dusun II Desa Air Genting Kecamatan Air Batu Kabupaten  Asahan yang bekerja sebagai karyawan di PT AEP di Medan," kata Hidayat.

Lanjut Hidayat menjelaskan bahwa MAP dinyatakan Positif oleh RS Murni Mandiri dari hasil Swab mandiri dan hingga kini masih dalam isolasi mandiri di rumahnya yang berada di Kota Medan.

Masih disampaikan Hidayat, sesuai informasi yang diperoleh bahwa pada tanggal 22 Juni atas kebijakan dari PT AEP seluruh Karyawan termasuk MAP wajib melakukan pemeriksaan Swab, dan hasil pemeriksaan, MAP tidak mengalami gejala gejala seperti batuk, demam dan sesak napas atau yang di sebut OTG.

Selanjutnya pada tanggal 24 Juni hasil Swab Nasofaring dan Orofaring dari RS murni teguh dikeluarkan dengan hasil Pemeriksaan swab atas nama MAP dan dinyatakan  positif Covid 19 dan MAP  tidak dirawat tetapi melakukan isolasi mandiri dirumahnya di Medan.

Lebih lanjut Hidayat menyampaikan bahwa MAP  tidak tinggal di Dusun II  Air Genting Kecamatan Air Batu tetapi bertempat tinggal di Medan dan MAP terakhir bertemu dengan  keluarganya pada tanggal 05 Juni 2020 yang mana artinya  14 hari terakhir MAP berada di Medan dan tidak melakukan perjalanan keluar kota.

Selanjutnya, dikarenakan dengan epidemiologi penularan kasus tidak memenuhi masa inkubasi virus, maka tidak dilakukan pelacakan kontak erat, akan tetapi tetap dianjurkan isolasi mandiri dan Surveilans Dinkes Asahan bersama Puskesmas Hessa Air Genting tetap memantau perkembangan kesehatan keluarga. 

Dikesempatan ini, Hidayat juga menyampaikan himbauan kepada masyarakat untuk tetap mengikuti Protokol pencegahan penanganan Covid 19 dengan selalu memakai masker, Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) , hindari kerumunan, tetap jaga Imun Tubuh dengan berolah raga dan selalu menerapkan pola hidup sehat.

Sementara itu, untuk data terbaru Covid-19 di Kabupaten Asahan yang dikeluarkan GTP2 Covid-19 Kabupaten Asahan yang positif berjumlah 14 orang dengan perincian 9 orang dalam perawatan, 3 orang telah sembuh dan 2 orang telah meninggal dunia. (DS) 

Post a Comment

Disqus