/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan, Sumutrealita.com

Sebanyak 4 orang warga Kabupaten Asahan dinyatakan bersetatus positif virus Covid-19 dimana ARP (37) berjenis kelamin Perempuan warga Desa Sei Silo Timur Kecamatan Buntu pane MS (77) jenis kelamin Laki Laki dan SS (59) jenis Kelamin Perempuan keduanya merupakan warga Jl.Karya Lk.I Kelurahan Sendang Sari Kecamatan Kota Kisaran Barat, dr. Nn (51) warga Komp RSUD HAMS Kisaran.

Demikian disampaikan Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTP2) Covid 19 Kabupaten Asahan, H Rahmad Hidayat Siregar S.Sos.MSi, Rabu (24/6/2020) melalui Press Releasenya melalui grup WhatsApp.
Hidayat menjelaskan bahwa untuk pasien berinisial ARP pada tanggal 18 Juni mengalami demam tinggi dan atas inisiatif sendiri  melakukan  cek ke laboratorium Anugrah Kisaran dan dari hasil pemeriksaan ARP dinyatakan Positif Demam Berdarah.

Selanjutnya, berdasarkan hasil pemeriksaan pihak keluarga membawa ARP untuk memeriksakan lanjuk ke dr Tunggul dikarenakan pasien sedang dalam keadaan hamil tua (trimester akhir) dan oleh dr Tunggul disarankan agar memeriksakan ke RS di Kota Medan.

“Atas saran dari dr. Tunggul tersebut, ARP langsung di bawa ke RS Bunda Thamrin dan di lakukan anamnesa dan sekaligus dilakukan uji Swab, dan pada tanggal 22 Juni hasi Swab ARP keluar dengan hasil yang dinyatakan Positif  Covid-19 dan sekarang sedang dirawat di RS Bunda Thamrin Medan,” Jelas Hidayat.

Berikutnya untuk pasien yang berinisial MS dan SS yang merupakan suami dan istri yang keseharianya bekerja di pajak Kartini Kisaran, pada tanggal 3 Juni keduanya mengalami keluhan sesak napas dan selanjutnya pada tanggal 15 Juni keluarga membawa keduanya berobat ke RS HAMS Kisaran untuk dilakukan pemeriksaan intensif serta dilakukan Rapid Test dan dinyatakan Reaktif.
Selanjutnya dikarenakan kondisi MS dan SS belum juga membaik, RS HAMS Kisaran pada tanggal 18 Juni merujuk pasien tersebut ke RS Martha Friska Medan dengan status Pasien Dalam Pengawasan (PDP) untuk  dilakukan pemeriksaan Swab Nasofaring.

“ Pada tanggal 23 Juni, Dinas Kesehatan  Provinsi Sumatera Utara berkordinasi dengan Dinas Kesehatan Kabupaten  Asahan menyampaikan hasil pemeriksaan Swab kedua pasien MS dan SS dengan Hasil Positif,” Jelas Hidayat.

Sementara itu untuk dr Nn berdasarkan hasil pemeriksaan Swab yang dilakukan di RS. Columbia Medan yang hasilnya keluar pada tanggal 23 Juni 2020 dinyatakan Pisitif Covid 19.

Lebih lanjut  hidayat juga menyampaikan turut perihatin atas musibah yang dialami dr Nn pasca ditetapkannya berstatus Positif Covid.

“Semoga dr. Nn cepat sembuh dan dapat beraktifitas kembali untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan juga kepada seluruh pasien yang dinyatakan positif  covid-19 semoga  cepat sembuh sehingga dapat melaksanakan aktivitas seperti biasanya,”harap Hidayat.

Dikarenakan dr.Nn sedang dalam perawatan maka untuk Pelayanan penyakit Paru yang erat kaitanya dengan pasien Covid akan ditangai oleh dr Diviya Tina yang juga merupakan dr spesialis Paru.

Hidayat juga menyampaikan bahwa dalam upaya memutus mata rantai penularan Surveilans Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan bekerjasama dengam Puskesmas Sidodadi dan  Puskesmas Prapat Janji Kecamatan Buntu Pane melakukan Tracking Kontak Erat kasus tersebut, dan  akan dilakukan pemeriksaan darah melalui Rapid Test Covid-19 terhadap Orang orang yang melakukan kontak dengan ketiga pasien dimaksud.

“ Lokasi pajak Kartini, Pajak Diponegoro dan pajak Bakti telah dilakukan penyemprotan Desinfektan (23/06/2020)  oleh dinas Kopdag yang bekerjasama dengan GTP2 Covid 19 Kabupaten Asahan Sebagai upaya untuk memutus Penyebaran Covid 19,”kata Hidayat.

Hidayat juga menyampaikan bahwa data Covid-19 di Kabupaten Asahan yang Positif ada sebanyak 13 orang dengan perincian 8 orang masih dalam perawatan, 3 orang telah sembuh dan 2 orang telah meninggal dunia.

Dikesempatan ini , Hidayat juga menghimbau Kepada Masyarakat untuk tetap memegang Teguh Protokol Penanganan Covid 19 dengan tetap Memakai Masker, Hindari Keramaian, Cuci Tangan Pakai Sabun dan sering Berolah Raga serta tetap jaga Kesehatan. (DS)

Post a Comment

Disqus