Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

 

SERGAI, Sumutrealita.com – Kasus positif Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di kabupaten Sergai bertambah tiga orang, update terbaru hingga Senin (10/8/2020) menjadi 74 kasus dengan rincian 37 orang telah sembuh, 36 orang positif Covid-19 sedang menjalani isolasi mandiri maupun perawatan di RS rujukan dan 1 orang positif Covid-19 meninggal dunia.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai Drs. Akmal, AP, M.Si, saat ditemui di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sergai, Senin (10/08/2020) mengatakan tiga orang pasien Covid-19 itu merupakan tenaga kesehatan yang bertugas disalah satu rumah sakit di kabupaten Sergai.

Akmal yang juga Kepala Diskominfo kabupaten Sergai mengatakan sesuai Ketiga pasien tersebut  dari kluster Rumah Sakit di Kabupaten Sergai sesuai informasi yang diperoleh dari Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sergai dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes, ketiga korban merupakan pengembangan dari daftar tracing yang sama, yaitu salah seorang dokter anastesi yang sudah lebih dulu dinyatakan positif,

Akmal mengatakan ketiga Nakes yang dinyatakan positif itu adalah insial R (35), seorang wanita warga Sei Rampah, J (48), seorang wanita asal Teluk Mengkudu dan terakhir EN (34), seorang wanita warga Kecamatan Pegajahan.

Ia menyebutkan sejak pengambilan sampel swab sampai hasilnya dirilis oleh Dinkes Provinsi Sumatera Utara pada Sabtu lalu (09/08/2020), ketiganya telah menjalani isolasi mandiri. Saat ini juga para korban masih dalam proses isolasi di kediaman masing-masing dan jika dibutuhkan akan dialihkan ke fasilitas kesehatan untuk mendapat penanganan intensif.

Sesuai mekanisme yang berlaku, Akmal mengatakan jika Gugus Tugas lewat Dinkes Sergai akan melaksanakan serangkaian prosedur yang diperlukan untuk memastikan tidak terjadi penyebaran pandemi lanjutan.

Dua Warga Sergai Dinyatakan Sembuh

Akmal mengatakan selain kasus positif Covid-19 bertambah tiga orang disaat bersamaa dua orang pasien Covid-19 dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah menjalani prosedur PCR test berturut-turut dalam rentang waktu yang ditentukan dan hasilnya negatif.

“ Kedua pasien yang sembuh dari Covid-19 itu, merupakan warga Teluk Mengkudu. Ini tentu merupakan dampak baik karena ditengah laju pertambahan korban, juga diikuti dengan angka kesembuhan yang signifikan,” katanya.

Akmal mengatakan  Tim Gugus Tugas akan terus bekerja secara maksimal menghadapi tantangan pandemi yang sampai saat ini masih terus meningkat. Namun tentu pemerintah tidak bisa bekerja sendiri, perlu dukungan dan sinergitas dengan masyarakat. 

“ Untuk itu kami mengimbau agar masyarakat tetap menjalankan protokol kesehatan secara disiplin seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak yang bertujuan untuk meminimalisir penyebaran lanjutan di Kabupaten kita ini,” pungkasnya. (Bal)


Post a Comment

Disqus