Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

 


Asahan,Sumutrealita.com

Dalam rangka menyambut 1 Muharram 1442 H, Keluarga besar Pujakesuma Kecamatan Buntu Pane melaksanakan kegiatan Suroan, Minggu (30/8/2020) di Desa Sei Silau Timur, Kecamatan Buntu Pane.

Dalam acara ini tampak di hadiri oleh, Bupati Asahan, H Surya BSc, OPD, Camat, Forkopimcam Kecamatan Buntu Pane, DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan, Ketua DPC Pujakesuma Kecamatan Buntu Pane serta masyarakat.

Dalam sambutanya, Paino Karsorejo selaku ketua panitia sekaligus ketua DPC Pujakesuma Buntu Pane menyampaiakan ucapan terima kasih kepada Bupati Asahan beserta rombongan yang berkesempatan hadir dan mengikuti kegiatan peringatan 1 Muharram atau Suroan di Kecamatan Buntu Pane.

Paino juga menjelaskan bahwa tradisi Suroan yang dilaksanakan di bulan Muharram ini sejatinya merupakan sistem penanggalan tahun baru dalam perhitungan masyarakat Jawa Islam.

“Oleh karena itu, peringatan Tahun Baru Islam kali ini dilaksanakan dengan tradisi Suroan dengan harapan agar nilai tradisi dan budaya masyarakat Jawa dapat terus dilestarikan”, ujar Paino.

Ditempat yang sama, Ketua MPO Pujakesuma Kabupaten Asahan Asmunan dalam sambutannya berharap kegiatan ini dapat mempererat hubungan silaturahmi antara sesama warga Pujakesuma di Kabupaten Asahan khususnya di Kecamatan Buntu Pane. 

Asmunan juga menyampaikan pesan agar seluruh pengurus Pujakesuma yang ada di Kabupaten Asahan maupun di kecamatan dapat terus mengajarkan dan menumbuhkembangkan budaya Jawa kepada generasi muda sehingga dapat bertahan hingga masa yang akan datang.

Sementara itu, Bupati Asahan H Surya BSc dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kegiatan yang dilaksanakan oleh Pujakesuma Kecamatan Buntu Pane dalam memperingati Tahun Baru Islam 1442 H.

Bupati Asahan juga menyampaikan bahwa warga Jawa yang merupakan mayoritas penduduk di Kabupaten Asahan memiliki peran yang cukup strategis dalam pelaksanaan pembangunan. 

Untuk itu, Bupati Asahan berharap agar warga Jawa dapat memelihara sifat kegotongroyongan dan semangat dalam kebersamaan sebagai ciri khas dari masyarakat Jawa dan mengaplikasikannya dalam kesuksesan pembangunan di Kabupaten Asahan. 

" Saya berharap masyarakat etnis Jawa agar dapat melestarikan adat dan budaya sebagai bentuk antisipasi terhadap pengaruh budaya luar kepada generasi masa kini," pesan Bupati Asahan.

Dalam kesempatan ini, Bupati Asahan menghimbau masyarakat untuk tetap melaksanakan protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru saat ini agar Kabupaten Asahan dapat terhindar dari penyebaran virus Covid-19. 

Acara ini juga dirangkai dengan pemotongan nasi tumpeng dan makan bersama. (DS)

Post a Comment

Disqus