Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

 

BATAM, Sumutrealita.com – Untuk meningkatkan perekonomian masyarakat menengah ke bawah dan membuat kenyamanan pedagang kaki lima yang berjualan di pinggir jalan serta meningkatkan nilai estetika kota Batam, Kerabat-Barkad membangun lapak pasar  di Jalan Golden Prawn tepatnya disebelah kantor Camat Bengkong, Batam.

Pembangunan lapak pasar binaan panguyuban Kerabat-Barkad itu merupakan ide Ketua Umum Kerabat-Barkad adalah Marlin Agustina Rudi.

Sekretaris Umum Kerabat-Barkad, Lukman Hakim saat ditemui di lokasi pasar binaan itu mengatakan pasar binaan tersebut dibangun sudah hampir satu bulan lebih dan rencananya akan dilaunching pada akhir bulan September 2020 mendatang.

Ia menyebutkan bahwa Marlin Agustina Rudi sangat prihatin melihat pedagang kaki lima atau di tepi jalan yang berjualan dengan menggunakan tenda.

“ Seluruh pedagang yang berjualan di tepi jalan menggunakan tenda dan jika angin kencang maka tenda itu bisa tumbang atau terbang dibawa angin,” katanya.

Atas ide Marlin itu, Lukman menyebutkan pihaknya mencari solusi agar para pedagang itu bisa nyaman untuk berjualan. Kemudian Kerabat Barkad mencari lahan untuk para pedagang tersebut. 


Kebetulan salah seorang pengurus Barkad tersebut mengenal pemilik lahan yang ada disamping kantor Camat Bengkong tersebut dan menyewa lahan tersebut.

Namun, katanya, sebelum membangun lahan itu menjadi lapak tempat berjualan mereka terlebih dahulu menemui para pedagang dan seluruh pedagang yang ditemui bersedia pindah berjualan di pasar binaan tersebut jika telah selesai dibangun.

Pasar binaan itu, katanya, untuk tahap pertama dibangun sebanyak 9 blok dan 1 blok sebanyak 18 lapak. 

Lapak tersebut dibangun sesuai protocol Kesehatan dengan memberi jarak sekitar 40 centimeter (cm) atau draenase dibelakang barisan lapak dan antara blok yang satu dengan blok lain dipisahkan jalan selebar kurang lebih 3 meter. 

“ Lapak pasar binaan ini dibangun dengan tiang besi dan diberi atap dengan atap spandek sedangkan lantai lapak dan jalan dicor,” katanya.

Lukman mengatakan bahwa seluruh lapak sudah diisi oleh para pedagang dan pengurus Kerabat Barkad akan mengatur tempat dari jenis-jenis barang yang akan dijual mulai dari pedagang yang menjual barang dagangan kering seperti aksesoris, pakaian seken dan lainnya serta barang dagangan basah seperti ikan, sayur mayur dan buah-buahan.

“ Setiap blok akan kita atur mas, diisi oleh pedagang dengan jenis barang dagangan yang sama, pedagang sayur mayur satu blok, pedagang baju seken satu blok dan pedangan aksesoris satu blok demikian seterusnya,” katanya.

Ia mengharapkan dengan dibangunnya pasar binaan Kerabat-Barkad ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat menengah ke bawah.

Selain itu, Lukman Hakim mengharapkan agar pandemic Covid-19 bisa berakhir di Kota Batam sehingga aktifitas masyarakat Batam bisa leluasa dan pertumbuhan ekonomi Batam dapat meningkat.

Untuk diketahui, Kerabat merupakan singkatan dari Kerukunan Keluarga Besar Masyarakat Kabupaten Karimun sedangkan Barkad singkatan dari Barisan Keamanan Daerah.

(Par) 


Post a Comment

Disqus