Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

 


KARIMUN, Sumutrealita.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Karimun menargetkan akan melakukan bedah rumah sebanyak 15 unit rumah dan saat ini sudah selesai 12 unit rumah di pulau Karimun besar.

Atas bedah rumah yang dilakukan Baznas karimun itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengucapkan terima kasih dan memberi apresiasi.

“ Atas nama Pemkab Karimun dan pribadi saya mengucapkan terima kasih kepada Baznas Karimun yang telah melakukan rehab rumah di kabupaten Karimun ini,” kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq saat menyerahkan kunci rehab rumah secara simbolis di rumah Rustinah RT 002/RW 002 kelurahan Harjosari kecamatan Tebing, Sabtu (22/8/2020) lalu.

Dalam sambutannya Bupati Karimun mengatakan akan komitmen tetap melanjutkan program bedah rumah bagi warga yang kurang mampu. Sehingga, bisa membantu Pemerintah kabupaten Karimun dalam pengentasan kemiskinan. Termasuk, bantuan modal usaha bagi ekonomi produktif dan pendistribusian dana umat kepada warga yang berhak.

Pada kesempatan itu, Bupati Karimun menyampaikan kepada Ketua Baznas Karimun agar melakukan rehab rumah di kelurahan Sungai Lakam Timur. Sebab, keluarganya sangat memprihatinkan dan sudah ada dari hamba Allah yang menghibahkan tanahnya untuk dibangun rumah. 

Selain itu di Pamak Laut ada warga yang juga cukup memprihatinkan rumahnya yang perlu dibantu oleh Baznas Karimun.

'' Perlu dibantu pak ketua Baznas, keluarganya mualaf. Untuk anak-anak, sudah dibantu biaya sekolahnya. Dan, bagi penerima bantuan maupun yang mendapatkan rehab rumah, agar dapat dimanfaatkan sebaik mungkin. Agar, bisa meningkatkan ekonomi keluarga,'' harap Rafiq.

Sementara itu Ketua Baznas Karimun Nasrial mengatakan, pihaknya sudah berhasil membangun rehab rumah sebanyak 12 unit yang ditargetkan 15 unit.

Ia menyebutkan rehab rumah tersebut, ada yang rehab total, rehab sedang dan rehab berat yang dilakukan dengan bekerja sama dengan TNI dan pihak-pihak terkait. Sehingga, tersisa 3 unit lagi yang segera dilakukan rehab rumah.

'' Alhamdulillah, tinggal 3 unit lagi rehab rumah. Mudah-mudahan bertambah tahun depan, dalam program rehab rumah tidak layak huni bagi keluarga yang kurang mampu,'' terangnya.

Selain rehab rumah, juga pihaknya program usaha produktif yang diserahkan secara simbolis oleh Bupati Karimun. Dimana, tahun ini usaha produktif yang menerima ada 25 orang dengan berbagai macam usaha produktif yang dilakukan oleh masyarakat. 

Selain itu, Baznas Karimun akan mendistribusikan zakat periode ke 2 dalam bentuk uang tunai konsumtif kepada fakir miskin, fisabilillah dan muallaf se kabupaten Karimun. 

'' Insyallah, besok (Selasa-red) kita distribusikan zakat dengan mengikuti protokol kesehatan bersama Bupati. Tapi, khusus pulau Kundur kita tunda dahulu,'' ucapnya. 

Terpisah, salah seorang penerima rehab rumah dari Baznas Karimun Rustinah mengucapkan rasa syukur atas selesainya terbangun rumah. Sehingga, bisa ditempati langsung. 

'' Cukup baguslah rumahnya. Rehab total, dulunya sangat tidak layak, sekarang sudah ada satu kamar tidur, kamar mandi dan ruang tamu,'' ucapnya. (RN/Jup)


Post a Comment

Disqus