Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


SERGAI, Sumutrealita.com – Karus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Sergai bertambah delapan orang dan dua orang dinyatakan sembuh dari Covid-19. Dengan demikian update perkembangan kasus Covid-19 di kabupaten Sergai hingga saat ini Selasa (04/08/2020) total kasus Covid-19 di Sergai menjadi 56 kasus dengan rincian 32 orang sudah dinyatakan sembuh, 23 kasus positif sedang mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit dan 1 orang warga meninggal dunia.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sergai Drs. H. Akmal, AP, M.Si saat ditemui di Kantor Dinas Komunikasi dan Informatika kabupaten Sergai, Selasa (4/8/2020) mengatakan sesuai dengan informasi yang diperoleh dari Kepala Dinas Kesehatan dr. Bulan Simanungkalit, M.Kes menjelaskan 6 dari 8 orang korban kasus positif terbaru merupakan Tenaga Medis yang bertugas di salah satu rumah sakit di Kabupaten Sergai. 

“ Hal ini tentu mengkhawatirkan karena sebelumnya 4 tenaga medis di faskes yang sama sudah lebih dulu dinyatakan positif. 1 korban lain juga merupakan pasien di faskes tersebut dan sesuai dengan penyelidikan epidemiologi, yang bersangkutan termasuk orang yang ada dalam daftar tracing dari salah satu dokter anastesi yang sebelumnya dinyatakan positif. Sedangkan 1 korban lain adalah warga Sergai yang berdomisili di Kota Medan,” jelas Akmal.

Akmal yang juga Kepala Diskominfo kabupaten Sergai menyebutkan identitas kedelapan korban, untuk enam tenaga medis yang terjangkit yaitu inisial IPH (39), seorang perempuan warga Kecamatan Tebing Tinggi, NM (22), pria asal Sei Rampah, MH (44) wanita warga Sei Rampah, JN (28) wanita asal Sei Rampah, CA (36) wanita asal Tanjung Beringin dan terakhir DH (52), wanita asal Perbaungan. 

Sedangkan dua korban lain, katanya, adalah SBS (37) pria warga Teluk Mengkudu dan terakhir ZZ (29), wanita yang berdomisili di Kota Medan namun beralamat KTP di Kecamatan Sei Rampah.

Akmal menyebutkan pertambahan yang signifikan disalah satu rumah sakit ini membentuk kluster baru dan akan segera direspons oleh Gugus Tugas melalui Dinas Kesehatan Sergai lewat serangkaian prosedur yang diperlukan dan mekanisme yang berlaku.

“ Kita ketahui bersama jika personil tenaga kesehatan merupakan garda terdepan dan sangat penting perannya dalam usaha percepatan penanganan pandemi ini sehingga Gugus Tugas akan berusaha maksimal untuk menanggulangi hal ini sekaligus berusaha keras menjaga proses pelayanan kesehatan tetap terjaga,” katanya.

Dua Orang Warga Sergai Dinyatakan Sembuh dari Covid-19

Akmal mengatakan disaat bersamaan juga terjadi penambahan jumlah warga Sergai yang sembuh dari Covid-19 sebanyak 2 orang. 

“Di tengah lonjakan kasus positif ini, kita juga patut bersyukur 2 warga kembali dinyatakan bebas Covid yaitu inisial RW (58) dan NH (36). Keduanya merupakan warga Kecamatan Tebing Syahbandar,” kata Akmal.

Ia mengharapkan laju pertumbuhan kasus Covid-19 dapat dihentikan dan jumlah pasien sembuh makin meningkat setiap harinya. 

“ Untuk itu kami juga berharap kepada masyarakat agar benar-benar menjalankan protokol kesehatan secara disiplin untuk meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran pandemi di Sergai,” pungkasnya. (Bal)

Post a Comment

Disqus