Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Plt Walikota Tanjungpinang, Hj Rahma (Fhoto : Istimewa)

TANJUNGPINANG, Sumutrealita.com  - Perkembangan kasus Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di Tanjungpinang melonjak naik, seperti pada Rabu, (5/8/2020) tiga orang terkonfirmasi positif Covid-19 dua orang diantaranya pegawai honorer.

Ketua Gugus tugas percepatan Covid 19 Tanjung Pinang, Hj Rahma kepada sejumlaha wak media pada Rabu, (5/8/2020) mengatakan pada Selasa (4/8/2020) jumlah kasus Covid-19 di Tanjungpinang baru 72 orang.

“ Dengan terpaparnya positif Covid-19 ketiga warga Tanjugnpinang itu maka jumlah kasus Covid-19 di Tanjungpinang hingga saat ini menjadi 75 orang,” katanya.

Hj Rahma yang juga Walikota Tanjungpinang mengatakan penambahan 3 orang pasien Covid-19 itu berdasarkan laporan pemeriksaan swab dengan metode PCR yang baru diterima.

Ia menyebutkan ketiga pasien Covid-19 itu diantaranya berinisial Ma (32) jenis kelamin perempuan, pegawai honorer dan bertempat tinggal di Dompak, Kelurahan Batu 9, Kecamatan Tanjungpinang Timur .

“ Suaminya telah duluan dinyatakan positif dan korban mengalami gejala, demam, sakit kepala, sakit tenggorokan dan pilek. Saat ini pasien sedang dikarantina, di bawah pengawasan dokter dan perawat yang setiap hari di follow up,” kata Rahma.

Sedangkan pasien yang kedua berinisial DR (26) jenis kelamin wanita, warga Kelurahan Sei Jang, Kecamatan Bukit Bestari. 

“ Riwayat perjalanan pasien DR pulang ke Medan pada Minggu pertama bulan Juli 2020 dan sepulang dari Medan merasakan keluhan demam, batuk, sakit tenggorokan dan pilek selama beberapa hari,” katanya.

Kemudian DR pada tanggal 28 Juli 2020 lalu melakukan skrining rapid tes sebagai syarat bagi pelaku perjalanan dengan pesawat udara, hasilnya reaktif, dan dilanjutkan dengan swab pada tanggal 29 Juli 2020, hasil negatif yang keluar pada tanggal 02-08-2020. 

Kemudian Swab kedua dilakukan pada tanggal 01-08-2020, hasil PCR keluar tanggal 04-08-2020 dinyatakan positif. Saat ini pasien dikarantina di Rumah Singgah Provinsi Kepri.

Sedangkan pasien yang ketiga berinisial RK (36) jenis kelamin laki-laki, pegawai honorer, tinggal di Dompak, Kelurahan Batu 9, Kecamatan Tanjungpinang Timur. 

“ Saat ini sudah dikarantina mandiri di bawah kontrol dokter dan perawat dan dipantau setiap hari. Tidak ada gejala sebelumnya,” kata Rahma.

Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang langsung melaksanakan tracing pada orang-orang yang kontak erat dengan pasien, baik di rumah maupun lingkungan kerja. Dan tempat beraktivitas lainnya, dilanjutkan dengan pemeriksaan swab.

“ Kami menghimbau seluruh masyarakat agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan pada masa adaptasi kebiasaan baru pada masa pandemi Covid-19 dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan lebih sering,” katanya.

 (Red)

Post a Comment

Disqus