/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Asahan,Sumutrealita.com

Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke 75 Tahun 2020, Pemkab Asahan melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Asahan  yang bekerjasama dengan Insan Pers , RSUD HAMS Kisaran, dan PMI Kabupaten Asahan menggelar Donor Darah, Rabu (12/8/2020) di Kantor Diskominfo setempat.

Pelaksanaan Donor darah ini diikuti oleh puluhan peserta yang terdiri dari ASN Diskominfo Asahan dan Insan Pers Asahan, dan yang menanggung sebagai penanggung jawab pelaksanaan Donor darah ini adalah dr. Ade Hariza Harahap.

Disela sela kegiatan, dr. Ade Hariza Harahap menyampaiakan bahwa dimasa Pandemi virus Covid ini kita tidak perlu khawatir akan terjadi penuran virus corona, karena hingga saat ini tidak ada laporan kasus yang menyebutkan bahwa virus Corona dapat menular melalui transfusi darah namun penularan virus Corona itu menyerang sistem pernapasan.

" Selama prosedur donor darah dilaksanakan seaman mungkin serta tetap menerapkan protokol kesehatan seperti menjalani pengecekan suhu tubuh terlebih dahulu, mencuci tangan dengan benar menggunakan sabun dan air yang mengalir, menjalani pemeriksaan kesehatan dan menerapkan physical distancing selama prosesnya, donor darah sebenarnya aman untuk dilakukan”, ujar dr Ade.

Kepala Unit transfusi darah RSUD HAMS Kisaran, Subur Hasibuan menjelaskan bahwa untuk persyaratan peserta yang ingin melakanakan donor darah, peserta tersebut harus sehat jasmani dan rohani, berusia 17-65 tahun, memiliki berat badan minimal 45 kg, memiliki tekanan darah dalam batas tekanan sistolik 100-170 mmHg dan diastolik 70-100 mmHg, memiliki kadar Hb normal, tidak menggunakan narkoba, tidak memiliki riwayat penyakit kronis dan tidak mendonorkan darahnya dalam 12 minggu terakhir. 

Sementara itu, salah satu peserta dari ASN Diskominfo yang merupakan kepala Bidang Komunikasi Media Cetak dan Elektronik, Arbin Ariadi Tanjung menyampaikan bahwa tujuan mengikuti donor ini karena merasakan manfaat donor darah bagi kesehatan pribadi sekaligus membantu sesama untuk memperoleh darah bila sedang diperlukan. 

“selain karena kepedulian terhadap sesama, saya juga merasa segar dan lebih sehat bila telah ikuti donor darah”, ujar Arbin.

Sementara itu, Kadis Kominfo Kabupaten Asahan, H Rahmat Hidayat Siregar S.Sos M.Si menyampaikan bahwa pelaksanaan Donor Darah kali ini merupakan instruksi Bupati Asahan H Surya, B.Sc kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah untuk melakukan kegiatan yang memiliki dampak positif kepada masyarakat dalam menyambut HUT RI ke-75 tahun 2020.

Hidayat juga menyampaikan bahwa srbenarnya banyak ASN dan insan pers yang antusias untuk mengikuti kegiatan donor darah kali ini, namun hanya 21 orang yang diperbolehkan mendonorkan darahnya karena adanya larangan dari pihak RSUD HAMS dan PMI terkait kesehatan. 

Pada kesempatan ini, Hidayat juga memberikan apresiasi kepada seluruh ASN di lingkungan Dinas Kominfo dan insan pers yang telah mengikuti donor darah.

" Semoga kegiatan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dengan peserta dan pelaksanaanya dapat lebih baik lagi kedepan," harap Hidayat. (DS)

Post a Comment

Disqus