/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

SERGAI, Sumutrealita.com – Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) memberikan bantuan berupa bedah rumah kepada seorang warga Roman (42) seorang penyandang disabilitas yang mengalami kelumpuhan selama puluhan tahun warga Dusun IV Desa Kuala Lama, Kecamatan Pantai Cermin, Rabu (12/8/2020).

Program bedah rumah ini sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat yang sangat membutuhkan, 

Bupati Sergai Ir. H. Soekirman saat menyerahkan bantuan mengatakan bahwa dalam  menjalankan tugas utama Kepala Daerah yaitu Pemerintahan, Pembangunan dan Kemasyarakatan.

“ Kami hadir di tengah-tengah masyarakat. Saat ini Roman (42) dapat menempati rumah baru setelah mendapatkan program bedah rumah dari Pemkab Sergai melalui Gerakan Empati Masyarakat Sakit (GEMAS) dari Dinas Kesehatan Sergai,” katanya.

" Tugas pemerintah, salah satunya adalah kemasyarakatan yaitu mengimplementasikan program GEMAS.  Selain itu ada tugas pemerintahan dan pembangunan," kata Bupati Soekirman didampingi Kadis Kesehatan dr Bulan Simanungkalit, Kapus, dan Kades Kuala Lama saat peresmian bedah rumah program GEMAS untuk penyandang disabilitas, Roman.

Bupati Sergai menyebutkan kegiatan sosial seperti ini merupakan program dari GEMAS yang peduli terhadap masyarakat yang hidupnya seperti dipabel dan disabel. Atas kepedulian ini Pemkab Sergai melalui program GEMAS mendonasikan sebuah rumah kecil beserta semua fasilitasnya kepada Roman (42) penyandang disabilitas, tuturnya.

Menurut Bupati Sergai Soekirman, kegiatan program GEMAS ini telah banyak dilakukan seperti bedah tumor, polio, hydrosafalus, dan lain-lainnya. Jumlahnya sudah banyak yang telah dilakukan program GEMAS ini, bahkan datanya pun ada di Dinas Kesehatan, ungkap Soekirman.

Oleh karenanya, Bupati Soekirman berharap, kepada masyarakat Sergai jika memang ada warga yang sakit jangan ada yang disembunyikan. Namun, diberitahukan kepada pemerintah setempat, agar bisa dicari solusinya untuk berobat. 

"Apakah bisa dengan cara berobat secara alternatif, tapi jangan dibiarkan masyarakat itu sampai menderita," kata Bupati.

Sebelumnya beberapa waktu yang lalu, Bupati Sergai Ir Soekirman bersama Kadis Kesehatan dr Bulan Simanungkalit dan Kadis Sosial H. Ifdal telah mengunjungi Roman (42) penyandang disabilitas yang mengalami kelumpuhan selama puluhan tahun, tinggal seorang diri digubuk reot, persisnya dibelakang rumah warga sekitar.

Melihat kondisinya seperti itu, Bupati Ir Soekirman sangat prihatin kemudian, melalui program GEMAS Pemkab Sergai membedah rumah Roman yang tak layak huni menjadi layak huni. (Bal) 


Post a Comment

Disqus