/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



ASAHAN,Sumutrealita.com
– Penyakit malaria dapat  menyebabkan kematian bagi penderitanya, malaria disebabkan oleh parasit Plasmodium yang hanya disebarkan oleh nyamuk Anopheles betina. Ada banyak sekali jenis parasit Plasmodium, tapi hanya lima jenis yang menyebabkan malaria pada manusia. Parasit masuk ke dalam aliran darah manusia melalui gigitan nyamuk. Gigitan ini lebih sering terjadi pada malam hari.

Demikian dikatakan Kadis Kesehatan Asahan, dr Aris Yudhariansyah saat dikonfirmasi melalui Kabid P2P, Saprin Sanjaya, Jumat (19/10/2018).

Saprin juga menjelaskan bahwa dari 25 Kecamatan se Asahan, Kecamatan Bandar Pulau merupakan daerah yang paling tinggi kasus penyakit malarianya. Hingga bulan September 2018 sudah terdata ada sebanyak 58 orang yang terjangkit penyakit malaria di Bandar Pulau.

Untuk mengantisipasi agar penyebaran penyakit malaria tidak semakin meluas, pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Asahan bekerjasama dengan pihak Puskesmas telah melakukan berbagai langkah langkah diantaranya langsung turun ke lapangan guna memberikan pengobatan serta menghimbau seluruh masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

Selain itu, kepada masyarakat yang tinggal di daerah-daerah yang memiliki potensi sebagai tempat penyebaran nyamuk yang bisa menyebabkan malaria, kami memberikan kelambu serta obat-obatan gratis.

Setiap kami turun, kami tetap mengingatkan kepada seluruh masyarakat agar tetap menjaga kebersihan rumah dan lingkungan dengan menguras bak mandi setiap minggu, bersihkan selokan, bakar sampah rumah tangga, telungkupkan benda-benda yang dapat menampung air hujan dan lain sebagainya.

“Sosialisasi yang kita lakukan selaras dengan visi Pemkab Asahan terwujudnya Asahan yang Religius, Sehat, Cerdas dan Mandiri,” ujar Saprin, (DS)

Post a Comment

Disqus