/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



MEDAN, Sumutrealita.com - Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Medan mengantisipasi terjadinya genangan air maupun banjir di sejumlah titik di Kota Medan, Jumat, (19/10/2018).

Hal ini dilakukan untuk menyikapi tingginya intensitas hujan yang terjadi belakangan ini. Antisipasi pertama di lakukan pagi hari dengan melakukan normalisasi parit di Jalan Gandi Medan.

Selama ini setiap kali hujan deras turun, jalanan selalu di genangi oleh air. Kondisi itu terjadi karena banyak permukaan parit yang di beton warga sehingga air hujan yang menggenangi jalan tidak dapat mengalir ke parit.

Kondisi itu diperparah lagi karena parit yang ada sudah lama tidak di korek sehingga menyebabkan terjadinya pendangkalan. Alhasil kawasan Jalan Gandi menjadi langganan genangan air yang berimbas dengan terganggunya aktifitas warga sekitar, termasuk kelancaran arus lalu lintas karena terjadinya pelambatan laju kenderaan bermotor karena khawatir mogok ketika melintasi genangan air tersebut.

Untuk mengatisipasi hal itu, Kadis PU Kota Medan Khairul Syahnan menurunkan puluhan pekerjanya beserta 1 unit mobil penyedot lumpur beserta sejumlah truk. Normalisasi di awali dengan penghancuran sejumlah beton penutup permukaan parit untuk mempermudah para pekerja melakukan pengorekan yang yang di lakukan secara manual. Bagian yang sulit terjangkau, para pekerja menggunakan mobil penyedot lumpur. Proses pengorekan dan penyedotan lumpur pun berjalan dengan lancar. Selanjutnya lumpur hasil penyedotan di angkut dengan menggunakan truk.

"Saya tidak mau lumpur hasil pengorekan di biarkan menumpuk di pinggir jalan karena akan mengganggu aktifitas warga serta kelancaran arus lalu lintas," kata Syahnan.

Usai melakukan normalisasi, Syahnan mengimbau kepada seluruh warga untuk tidak menutup permukaan parit dengan pembetonan sebab air hujan terhalang masuk dalam parit.

Kemudian membuat lubang inlet untuk setiap permukaan parit yang telah di beton. Dengan demikian saat hujan deras turun, airnya bisa mengalir ke dalam parit sehingga tidak menggenangi jalan.

Setelah itu malam harinya Dinas PU melanjutkan pengerjaan pemasangan riol yang bertujuan untuk mengatasi genangan air maupun banjir di seputaran Jalan Swadaya, Kecamatan Medan Denai. (M.SR.11/AzMi)

Post a Comment

Disqus