/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali




MEDAN, Sumutrealita.com - Walikota Medan Drs.H.T. Dzulmi Eldin S,M.Si menghadiri Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia Tingkat Kota Medan Tahun 2018 yang di pusatkan di halaman SD Swasta Model Al Azhar Jalan Pintu Air, kelurahan Kwala Bekala, Kecamatan Medan Johor, Sabtu (20/10/2018).

“ Kepedulian masyarakat untuk mendukung pelestarian lingkungan sangatlah penting. Di samping menjaga agar lingkungan tetap bersih dan sehat, juga mencegah bencana seperti tanah longsor maupun banjir,” katanya.

Itu sebabnya, tegas Walikota Medan, semua harus terlibat dan mendukung pelestarian lingkungan di sekitar wilayah tempat tinggal masing-masing.

Sebagai contoh dukungan yang bisa di lakukan masyarakat dalam mendukung pelestarian lingkungan,  kata Wali Kota, salah satunya menanam pohon di halaman rumah. Selain untuk penghijauan, pohon yang di tanam nantinya jika tumbuh dan berkembang dapat mengikat atau menyerap air serta menghasilkan oksigen yang bersih.

“Melalui kegiatan ini, mari kita jadikan momentum untuk bersama-sama melestarikan lingkungan. Selain penanaman pohon, dukungan bisa kita lakukan untuk tidak membuang sampah sembarangan, terutama dalam parit maupun sungai. Ingat, lingkungan hidup yang terjaga kebersihannya menunjukkan jati diri bangsa Indonesia yang cinta lingkungan," kata Wali Kota.

Pelestarian lingkungan yang di lakukan oleh Pemko Medan melalui organisasi perangkat daerah (OPD) terkait yakni Dinas Lingkungan Hidup, tegas Wali Kota, akan terus di lakukan sehingga terwujud Medan Go Green. 


 
“Upaya ini akan sia-sia tanpa dukungan penuh seluruh masyarakat. Jadi mulai hari ini, mari kita bersama-sama melestarikan lingkungan,” ajaknya.

Usai memberikan sambutan, Walikota Medan  selanjutnya menyematkan pin kepada Duta Lingkungan Hidup sekaligus menyerahkan bibit pohon kepada sejumlah siswa sekolah-sekolah Adiwiyata. Kehadiran duta lingkungan hidup ini sebagai upaya untuk mengajarkan sejak dini agar anak-anak cinta dan peduli dengan lingkungan.

Setelah itu Walikota Medan bersama siswa yang menjadi duta lingkungan serta Pengelola Perguruan Al Azhar H. Mahruzar Nasution melakukan penanaman pohon di sekitar lokasi acara.

Kemudian di lanjutkan dengan peninjauan stand pameran lingkungan hidup. Peringatan Hari Lingkungan Hidup Dunia tingkat Kota Medan yang diselenggarakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Medan berlangsung sangat meriah. Selain jalan santai di sertai pengutipan sampah di sepanjang Jalan Pintu Air 4, juga di isi dengan lomba melukis tingkat SD/MI. Kemudian lomba fashion show dari bahan daur ulang, baca puisi pidato serta pameran lingkungan hidup.

Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan Isya Ansyari, SST, Peringatan Hari Lingkungan Hidup kali ini mengusung tema, “Kendalikan Sampah Plastik”. Dengan tema ini, Isya Ansyari, SST mengatakan, pemko Medan wajib mensosialisasikan dan mengelola serta mengendalikan sampah plastik agar Kota Medan lebih bersih, indah dan rapi.

“Sesuai dengan target Kebijakan Strategi Daerah (Jakstrada) Kota Medan dari tahun 2018 sampai tahun 2020 berkurangnya 30% dan terkelola 70% sampah di Kota Medan. Untuk itulah melalui kegiatan yang di gelar hari ini, kita berharap dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pelestarian lingkungan sehingga Kota Medan menjadi lebih bersih, indah dan rapi,” harap Isya Ansyari, SST.  (M.SR.11/AzMi)

Post a Comment

Disqus