/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Rudi Bersama Dewan Pengawas BP Batam Tinjau Proyek Pelabuhan Batu Ampar
Kepala BP Batam Saat Meninjau Pelabuhan batu AMpar (17/10/2021) (Fhoto : Ist)



BATAM, Sumutrealita.com – Kepala BP Batam, Muhammad Rudi bersama Dewan Pengawas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Elen Setiadi, Satya Bhakti Parikesit dan Untung Basuki melakukan kunjungan lapangan ke Pelabuhan Batu Ampar pada Minggu (17/10/2021).

Peninjauan proyek tersebut juga dihadiri Anggota Bidang Pengusahaan BP Batam, Syahril Japarin; Direktur Pelabuhan, Dendi Gustinandar; Direktur Infrastruktur Kawasan, Imam Bachroni; Kepala Biro Humas, Promosi dan Protokol, Ariastuty Sirait;  Kepala Kantor Bea Cukai Batam, Ambang Priyonggo; Kepala Subbagian Dukungan Teknis Bea Cukai Batam, Hery Rusdaman.

Kunjungan lapangan tersebut bertujuan untuk memastikan perkembangan proyek yang telah direncanakan tahun ini, antara lain peningkatan kapasitas dan kapabilitas Pelabuhan Batu ampar, diantaranya adalah auto gate system dan container yard.

Dewan Pengawas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Elen Setiadi mengatakan, beberapa program yang sudah direncanakan oleh BP Batam tahun ini adalah peningkatan kapasitas dan kapabilitas Pelabuhan Batu Ampar.

“Tadi kita sudah melihat perkembangan auto gate system, ini merupakan bagian dari penerapan sistem yang terintegrasi dengan sistem bea dan cukai. Dengan demikian kita harapkan bahwa kontainer yang akan masuk ke dalam maupun ke luar Pelabuhan Batu Ampar dengan sistem yang baru tentu akan lebih cepat dan efisien serta utilitas Pelabuhannya akan semakin meningkat,” kata Elen Setiadi.

Elen beserta rombongan berkesempatan meninjau pembangunan container yard yang sebelumnya merupakan gudang Persero. Pembangunan tersebut ditargetkan akan selesai pada akhir tahun ini, saat ini BP Batam sedang melakukan pengadaan Container Crane yang sedang dalam proses lelang.

Hal tersebut diyakini Elen mampu meningkatkan produktivitas pengeluaran ataupun pemasukan barang dari kapal ke container yard maupun sebaliknya.

Sementara itu, Dewan Pengawas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Untung Basuki, menyampaikan salah satu yang menjadi unggulan dari Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam ini adanya Batam Logistics Ecosystem, ini adalah bagian dari National Logistics Ecosystem yang merupakan amanat dari  Instruksi Presiden (INPRES) Nomor 5 Tahun 2020.

“Batam menjadi salah satu pengembangan untuk meningkatkan daya tarik dengan menurunkan biaya logistik. Perlunya kerjasama seluruh pihak untuk mengembangkan Batam sebagai salah satu motor Penggerak perekonomian nasional. Batam Logistics Ecosystem tujuannya untuk menurunkan biaya logistik yang mengembangkan aplikasi sistem G to G maupun B to B yang tentunya akan mempercepat proses pelayanan khususnya pemasukan dan pengeluaran barang di pelabuhan Batuampar,” ujar Untung Basuki.

Senada dengan hal tersebut, Dewan Pengawas Badan Pengusahaan (BP) Batam, Satya Bhakti Parikesit menambahkan, bahwa secara makro pengembangan di Batam merupakan prioritas Pemerintah di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

“Kami benar-benar ingin mengawal sesuatu yang sifatnya prioritas bukan hanya dibangun, diselesaikan, tetapi benar-benar tersampaikan dan bisa dimanfaatkan serta bisa memberikan nilai tambah. Kita melihat Batam ini potensinya sangat besar dengan memberikan sumbangan baik untuk pertumbuhan ekonomi dan seterusnya kepada nasional itu cukup signifikan. Kita ingin memastikan segala sesuatu yang kita programkan di Batam terutama yang dilakukan oleh BP Batam ini selesai di akhir tahun 2023 atau tahun 2024,” kata Satya Bhakti Parikesit.

Diharapkan dengan beberapa proyek pengembangan ini, arus masuk dan keluar barang pada Pelabuhan Batu Ampar semakin cepat dan lebih efisien serta utilitas pelabuhannya semakin meningkat.


.(rdk)

Post a Comment

Disqus