/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


A
sahan,Sumuttealita.com

Bupati Asahan H. Surya, BSc didampingi Asisten Administrasi Umum, Kepala Dinas Kominfo melaksanakan pelepasan dan temu ramah dengan para mahasiswa/i serta Dosen pada program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Dalam Negeri (PMM-DN) Kemenristek Dikti di luar pulau Sumatera dan di Universitas Asahan, Jum'at (15/10/2021) di rumah di dinas Bupati Asahan.

Tampak juga hadir dalam acara ini, Ketua Yayasan Universitas Asahan Drs. Mapilindo, MPd, Rektor Universitas Asahan Prof. Dr. Tri Harsono, MSi dan segenap civitas Akademika Universitas Asahan.

Drs. Mapilindo, M.Pd dalam sambutanya menyampaikan bahwa program pertukaran Mahasiswa Merdeka  adalah salah satu aksi nyata untuk memastikan mahasiswa memiliki kompetensi dan kemampuan yang dibutuhkan bagi perubahan dan tantangan dalam peluang mewujudkan Indonesia Emas.

“Mahasiswa dipersiapkan demi terwujudnya sumber daya manusia yang fleksibel, kreatif dan inovatif serta mempunyai karakter akhlak yang mulia. Memiliki semangat merah putih yang ada di dada dan siap membangun negeri, sehingga menjadi generasi muda yang berdaya saing,” jelas Mapilindo.

Dikesempatan yang sama, Prof. Dr. Tri Harsono, MSi mengatakan  bahwa tujuan dilaksanakannya pertukaran Mahasiswa merdeka adalah untuk meningkatkan Wawasan Kebangsaan, Integritas Mahasiswa sebagai Warga Masyarakat yang mencintai tanah air yaitu Negara Kesatuan RI.

Tri Harsono juga mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk memperkaya pengalaman belajar siswa di Perguruan Tinggi lain yang memiliki atmosfir akademik berbeda.

Selain itu, Tri Harsono juga menjelaskan bahwa jumlah Mahasiswa Universitas Asahan yang mengikuti Pertukaran mahasiswa merdeka sebanyak 44 orang  berkesempatan mengikuti perkuliahan di perguruan tinggi , seperti Universitas Jember, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Djuanda, Universitas Negeri Jakarta, Sementara Mahasiswa dari luar yang mengikuti perkuliahan di UNA sebanyak 18 orang yang berasal dari Universitas Jember, Universitas Merdeka Malang, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka, Universitas Muhammadiyah Gresik, UKI, Universitas Majalengka, Universitas Muhammadiyah Kulon Progo, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Disamping Mahasiswa ada juga 3 orang Dosen Universitas Asahan yang mengikuti Program Dosen Magang Kemendikbud yaitu  Elfira Rahmadani, S.Pd.I., M.Pd ke IPB, Anim, S.Si.,M.Pd ke Universitas Negeri Malang dan Ely Syafitri, M.Pd ke ITB.

Sementara Itu Bupati Asahan H. Surya, BSc  secara resmi melepas dan menerima pertukaran Mahasiswa Merdeka. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa program pertukaran Mahasiswa  merdeka sebagai upaya pertanggungjawaban untuk menjadikan mahasiswa sebagai sumber daya unggul untuk menopang Indonesia maju, Indonesia tangguh.

“Dalam program ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk berinteraksi lebih meluas dengan lembaga yang berbeda dari universitas bersama mahasiswa dari berbagai wilayah,” jelas Bupati.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan kepada mahasiswa yang nantinya telah lulus menyelesaikan program Pertukaran Mahasiswa Merdeka dapat memanfaatkan setiap proses yang dijalani. Sehingga, diharapkan mahasiswa dapat menyalurkan kreativitasnya di dunia kerja nantinya.(DS)

Post a Comment

Disqus