/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



Asahan,Sumutrealita.com

Bupati Asahan H. Surya, BSc Bersama Wakil Bupati Asahan Taufik Zainal Abidin, Anggota DPRD Provsu Dapil V Ebenezer Sitorus, SE dan Dirut PT Hijau Surya Biotechindo Budi Chandra melaksanakan penanaman pisang dengan mengusung tema Gebyar Tanam Pisang bersama Bupati dan Wakil Bupati Asahan bertempat di Dusun XIII Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat, Rabu (13/10/2021).

Kegiatan ini, juga di hadiri Pimpinan OPD terkait, para Camat se Kabupaten Asahan, Forkopimcam Kecamatan Simpang Empat, Para Kepala Desa se Kecamatan Simpang Empat dan Masyarakat Desa Simpang Empat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Asahan Ir. Oktoni Erianto, MMA dalam laporannya menyampaikan, bahwa Gebyar Tanam pisang yang dilaksanakan pada hari ini diharapkan menjadi langkah awal untuk mewujudkan pengembangan komoditi pisang barangan di Kabupaten Asahan dan diharapkan juga dapat membuka peluang Investasi demi meningkatkan pendapatan masyarakat khususnya Petani.

Oktoni menjelaskan, Bibit tanaman pisang barangan ini bersumber dari bantuan Dana APBD Provinsi Sumatera Utara Tahun 2021, bekerjasama dengan PT. Hijau Surya Biotechindo yang berkedudukan di Kabupaten Asahan.

“Bibit pisang barangan Merah Bersertifikat yang ditanam pada hari ini merupakan pengembangan teknologi kultur jaringan sebanyak 5000 batang serta pupuk organik sebanyak 5000 Kg untuk lahan seluas 5 Ha yang di serahkan kepada kelompok tani Harapan Jaya Desa Simpang Empat Kecamatan Simpang Empat” pungkas Oktoni.

Sementara itu Bupati Asahan dalam sambutannya secara tegas menyampaikan komitmen Pemerintah Kabupaten Asahan dalam mewujudkan kemandirian ekonomi domestik dalam upaya mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.

Lebih lanjut Bupati H. Surya mengatakan melalui Dinas Pertanian Kabupaten Asahan akan terus melaksanakan Upaya peningkatan nilai ekonomi, melalui Investasi dan ekspor komoditas pertanian guna menunjang pertumbuhan ekonomi yang positif, baik yang berasal dari sub sektor pangan, Hortikultura dan perkebunan.

“Komoditi pisang barangan merah merupakan komoditi yang memiliki nilai prospek yang positif untuk dikembangkan secara komersil, seperti di kecamatan Simpang empat, Sei Kepayang, Bandar Pulau dan kecamatan lainnya apalagi kita didukung oleh PT. Hijau Surya Biotechindo yang berkedudukan di Kabupaten Asahan, dan sudah menerapkan teknologi budidaya pisang barangan dengan teknik kultur jaringan serta siap membantu petani dalam mengembangkan budidaya Pisang barangan merah di kabupaten Asahan” ucap Bupati.

Mengakhiri sambutannya Bupati berpesan kepada para petani untuk selalu optimis dan semangat dalam mengembangkan serta membudidayakan komoditas pertanian dan kepada Para Camat dan Kepala Desa serta Kelompok Tani agar pro aktif mengajak masyarakat untuk sama sama membangun dan mengembangkan sektor pertanian demi kesejahteraan masyarakat tani di Kabupaten Asahan. (DS)

 

Post a Comment

Disqus