/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


ASAHAN,Sumutrealita.com - Sebanyak 100 orang yang berasal dari 25 kecamatan dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengikuti sosialisasi instalasi pengelolaan lumpur tinja diaula Hotel Marina Kisaran, Jum'at (29/03/2019).

Sosialisasi ini digelar oleh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Asahan, dengan Narasumber dari Dinkes materi peranan IPLT dalam meningkatkan kesehatan lingkungan, dari Dinas PUPR materi implementasi Perda tentang bangunan dan gedung, Dinas LH materi instalasi pengelolaan lumpur tinja dan kaitannya terhadap pencernaan lingkungan hidup, Dinas KB materi peranan Dinas dalam pemberdayaan keluarga sehat dan sejahtera, Dinas Perkim materi peranan pemerintah dalam upaya menciptakan sarana dan prasarana lingkungan permukiman dibidang pengelolaan lumpur tinja.

Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP dalam pidato tertulisnya yang dibacakan Staf Ahli, Asmunan SPd mengatakan Pemkab Asahan telah memiliki Instalasi Pengelolaan Lumpur Tinja (IPLT) di jalan terong Kelurahan Siumbut Umbut Kecamatan Kota Kisaran Timur, mulai beroperasi sejak tahun 2017, meskipun dalam pemanfaatannya belum maksimal dikarenakan kendaraan operasional sedot tinja yang belum memadai.

Peran IPLT ini sangatlah penting dalam mewujudkan visi dan misi Pemkab Asahan yang religius sehat cerdas dan mandiri.

Lanjut Asmunan mengatakan bahwa pengelolaan lumpur tinja yang tepat guna dan ramah lingkungan sangatlah penting. Selain membuat lingkungan dan masyarakat menjadi sehat, juga meminimalisir timbulnya bibit bibit penyakit yang bersumber dari kotoran manusia seperti diarea, kolera, disentri, cacingan dan sebagainya.

Jika tinja tidak diorganisir pengelolaannya dengan baik, maka akan menjadi mata rantai penularan penyakit, ujar Asmunan.

Sementara itu Kepala Dinas Perkim Asahan, M Azmy Ismail AP MSi mengatakan tujuan kegiatan untuk memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang manfaat dan peran IPLT kepada masyarakat. Meningkatkan kesadaran kita dalam upaya penyehatan lingkungan dengan pemanfaatan IPLT. Peningkatan penerapan dan inovasi dalam mengoptimalkan kinerja IPLT melalui layanan lumpur tinja.

Acara ini dihadiri Staf Ahli Bupati, Kadis Perkim, Kasi Pembangunan Masyarakat Kecamatan, PTPN III, PTPN IV dan PT Lonsum. Narasumber M Azmy Ismail, AP, Elyda Hanum (Kasi Kesehatan Lingkungan Dinkes), Joni Pardamean Barus SE (Kabid Tata Lingkungan Dinas LH) dan Abdul Hasyim Pohan SAg (Kabid pada Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak)
 
(DS).

Post a Comment

Disqus