/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Bupati Asahan, Drs.H.Taufan Gama Simatupang MAP yang diwakili Staf Ahli, Hasbi Simbolon MSi resmi membuka perlombaan minat dan budaya baca tahun 2019 di kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan, Selasa (26/03/2019).

Pidato tertulis Bupati Asahan yang dibacakan Hasbi Simbolon mengatakan kita menyadari bahwa minat dan kebiasaan membaca dikalangan pelajar dan masyarakat umum masih perlu ditingkatkan. Dengan semakin banyaknya perpustakaan di sekolah sekolah, Kecamatan, desa, di rumah ibadah, taman bacaan masyarakat dan perpustakaan daerah, kita berharap akan semakin tinggi minat dan kebiasaan membaca bagi pelajar dan masyarakat umum.

Hasbi juga mengatakan bahwa sesuai dengan UU No 43 tahun 2007 tentang perpustakaan menyebutkan perpustakaan berfungsi sebagai wahana pendidikan, penelitian, pelestarian informasi dan rekreasi untuk meningkatkan kecerdasan bangsa. UU ini selaras dengan visi dan misi Pemkab Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri.

Untuk mewujudkan masyarakat yang cerdas dan religius harus dimulai dari anak anak yang cerdas dalam menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi yang dibarengi ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Dengan kebiasaan membaca buku, mudah mudahan anak anak kita dapat mewujudkan cita cita dan impiannya, karena buku adalah jendela dunia dan jadikan membaca sebagai gaya hidup.

Lanjut Hasbi mengatakan untuk dapat mendorong Asahan sebagai Kabupaten Literasi, kita melakukan berbagai kegiatan diantaranya mobil pintar dioperasikan saat acara car free day setiap hari Minggu, mobil pintar dioperasikan disamping SMPN 2 Kisaran setiap hari Selasa dan Kamis sebagai kawasan pendidikan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Asahan, Misli M Noor SH mengatakan kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat dan budaya baca dikalangan pelajar dan masyarakat umum. Memotivasi pelajar dan masyarakat untuk senantiasa berkunjung ke perpustakaan dan membaca buku dan memotivasi masyarakat untuk menuju Asahan sebagai Kabupaten Literasi.

Kegiatan dilaksanakan di kantor Perpustakaan, tanggal 26 hingga 28 Maret dengan 8 lomba yakni Lomba pidato bahasa Inggris tingkat SMP/SMA diikuti 82 orang (SMP diikuti 45 orang, SMA diikuti 37 orang), lomba cipta dan baca puisi tingkat SMP/SMA diikuti 82 orang (SMP diikuti 46 orang, SMA diikuti 36 orang), lomba senandung tingkat SMP/SMA diikuti 108 orang (SMP diikuti 57 orang, SMA diikuti 51 orang), lomba poster tingkat SMA diikuti 30 orang, lomba pustakawan berprestasi tingkat umum diikuti 15 orang.

Lomba mewarnai tingkat taman kanak-kanak diikuti 127 orang, lomba bercerita tentang biografi pahlawan Nasional tingkat SD/SMP diikuti 69 orang (SD diikuti 24 orang, SMP diikuti 45 orang), lomba pidato bahasa Indonesia tingkat SMP/SMA diikuti 107 orang (SMP diikuti 58 orang, SMA diikuti 49 orang), jelas Misli. (DS)

Post a Comment

Disqus