Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Selain Tampil di Piala Asia U-19, Ini 2 Alasan PSSI Berangkatkan Timnas Indonesia U-19 ke Spanyol

JAKARTA, Sumutrealita.com  – Plt Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, Yunus Nusi, membeberkan alasan tetap memberangkatkan Tim Nasional (Timnas) U-19 untuk pemusatan latihan atau training camp (TC) ke Spanyol. Ia mengatakan ada beberapa hal yang melatarbelakangi PSSI untuk tetap menjalani agenda tersebut.

Para penggawa Timnas Indonesia U-19 memang baru saja dilepas untuk berangkat menuju Spanyol guna menjalani TC. Hal ini tetap dilakukan, meski gelaran Piala Dunia U-20 2021 dipastikan harus ditunda hingga ke 2023.

Sejatinya, TC tetap dilakukan guna persiapan para pemain mentas di Piala Asia U-19. Kejuaraan itu akan digelar di Uzbekistan pada 3-20 Maret 2021. Timnas Indonesia U-19 pun tergabung di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran dalam ajang dua tahunan tersebut.

Tetapi, hal itu tak menjadi satu-satunya alasan PSSI tetap mengirim para pemain Timnas Indonesia U-19 menjalani TC di Spanyol. Ada dua alasan lagi yang turut melatarbelakangi.

Pertama, Yunus mengatakan bahwa TC tetap dilakukan karena PSSI bertanggung jawab untuk membina para pemain tersebut. Terlebih, para pemain ini nantinya akan menjadi andalan Indonesia dalam menorehkan prestasi manis di masa depan.

“PSSI tetap bertanggung jawab untuk membina anak-anak. Tetapi yang lebih penting bahwa anak anak ini yang akan menjadi cikal bakal masa depan pemain Timnas Indonesia dalam dua dekade,” ujar Yunus Nusi kepada awak media di Jakarta, Sabtu (26/12/2020).

“Insya Allah kita menganggap mereka yang terbaik. Pada saat nanti, anak-anak inilah yang akan menjadi pemain Timnas Indonesia U-23, senior, di waktu yang akan datang dan menjadi andalan kita,” lanjutnya.

Selain alasan tersebut, TC ke Spanyol juga tetap dilakukan demi menjaga psikologis dan mental para pemain Timnas Indonesia U-19. Sebab, mereka dipastikan tak bisa berlaga di gelaran Piala Dunia U-20 yang diundur menjadi 2023.

“Yang kedua, ketua umum harus menjaga psikologis dan mental tadi. Janganlah mereka ini sudah tidak bisa lagi berlaga di (Piala Dunia U-20) 2021, lalu kita juga tidak berangkatkan ke Spanyol. Ketum tetap menghargai dan memahami tentang psikologi anak-anak,” tutur Yunus.

“Apa pun itu, PSSI tetap memberangkatkan. Kalau pun toh menyangkut anggaran, kan biasa PSSI membiayai. Sebelum tahun ini kan di tahun-tahun sebelumnya PSSI kan yang membiayai TC semua strata timnas,” jelasnya.

“Itu menjadi tanggung jawab PSSI untuk membina dan membiayai semua operasional timnas, baik itu senior, U-23, U-19, U-16, dan woman. Sebelum-sebelumnya PSSI yang membiayai,” tukasnya.

(Okezone.com)


Post a Comment

Disqus