/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Bupati Asahan bersama dengan Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Konektivitas Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi, Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau Pulau Kecil, Rektor UNA, dan OPD terkait melakukan Peresmian Nursery Mangrove di Desa Silo Baru Kecamatan Silo Laut, Sabtu (19/12/2020).
 
Staf Ahli Menteri Bidang Manajemen Konektivitas Kementerian Koordinator Maritim dan Investasi Sahat M Panggabean mengatakan Pembangunan Nursery  Mangrove ini merupakan bagian dari upaya pemerintah membangun green economy yang berkelanjutan.

"ke depan Indonesia ingin menuju ke sebuah Green economy yang sustainable, yang berkelanjutan dan kita harapkan dampak ekonomi kepada masyarakat bawah itu akan semakin kelihatan," kata Sahat.
 
Masih dikatakan Sahat bahwa Pembibitan ( Nursery) Mangrove ini dimaksudkan guna mendukung upaya pemulihan ekosistem dan ekonomi masyarakat pesisir yaitu dengan melakukan  rehabilitasi kawasan mangrove dalam bentuk penanaman, pembibitan, dan pelatihan pengolahan produk turunan mangrove.
 
“Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP)  telah melakukan kegiatan Pembangunan Kebun Bibit yang berlokasi di Desa Silo Baru Kecamatan Silo Laut Dusun 10 yaitu Seluas 3093 Meter2 (Area Pembibitan) dengan jumlah bibit sebanyak 500.000 yang pada hari ini telah diresmikan” ujarnya.
 
Selain itu, Sahat juga menjelaskan bahwa pembangunan tempat pembibitan mangrove akan menjadi sumber stok bibit mangrove siap tanam sehingga kegiatan penanaman mangrove untuk pemulihan ekosistem dapat terus dilakukan tanpa kendala ketersediaan bibit. Selain itu, masyarakat pun dapat mengambil keuntungan dengan menjual bibit siap tanam tersebut kepada pihak Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) atau pihak lain yang membutuhkan.
 
“Stimulus ekonomi melalui program  rehabilitasi kawasan mangrove ini berdampak positif pada pelestarian ekosistem pesisir dan kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.
 
Sementara itu Bupati Asahan H Surya BSc  menjelaskan Bahwa Pemerintah Kabupaten Asahan sangat mendukung Program Pembangunan Pembibitan (Nursery) Mangrove yang baru saja diresmikan.
 
“ Dengan peresmian Pembangunan Pembibitan (Nursery) Mangrove ini merupakan salah satu upaya penanggulangan degradasi lahan dan kerusakan lingkungan pada ekosistem mangrove dan hutan pantai guna pencegahan bahaya intrusi air laut, gelombang abrasi, adaptasi-mitigasi tsunami, meningkatkan serapan karbon, meningkatkan estetika kawasan mangrove hutan pantai, dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui ekowisata mangrove hutan pantai” ujar Bupati Asahan. (DS)

Post a Comment

Disqus