/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


Asahan,Sumutrealita.com

Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kabupaten Asahan bekerjasama dengan Disnaker Provinsi Sumatera Utara (Provsu) menggelar pelatihan kewirausahaan produktif kegiatan stimulus ekonomi ketenagakerjaan dan dunia usaha tahap III program peningkatan kesempatan kerja Provinsi Sumatera Utara tahun 2020.

Ada sebanyak 40 orang peserta usaha di Kabupaten Asahan yang mengikuti pelatihan ini, dimana pelatihan ini dibagi dalam dua paket yakni masing masing paket akan di ikuti oleh 20 peserta dengan berbagai jenis usaha.

Demikian disampaikan Lamhot Hutabarat, SE, MSi selaku Instruktur Pelatihan Kewiruasahan Produktif yang sekaligus Kepala Bidang Pelatihan dan Produktifitas Disnaker Provsu saat diwawancarai oleh awak media di Lims Cafe kisaran, Senin (21/12/2020).

Masih disampaikan Lamhot bahwa tujuan dari pelatihan kewirausahaan produktif ini adalah untuk membangkitkan minat berwirausaha dari calon peserta yang sudah terseleksi.

"Kita membangkitkan minat berwirausaha dari para peserta, yang mungkin mereka pernah membangun usaha dan terhenti atau koleps yang diakibatkan oleh pandemi covid-19, maka disinilah peranan kita memberikan motivasi kemereka untuk kembali membangun usaha tersebut," ujar Lamhot.

Lanjut Lamhot mengatakan bahwa pelaksanaan pelatihan ini akan dilaksanakan selama kurang lebih 5 hari dari tanggal 21 s/d 25 Desember 2020 dengan pemateri atau narasumber saya sendiri dari Disnaker Provsu, Disnaker Kabupaten Asahan, perbankan (BANK Sumut) dan praktisi.

Lamhot  berharap kepada Pemerintah Kabupaten Asahan dapat bersinergi dengan Pemerintah Provsu terutama tindak lanjut dari peserta yang telah mengikuti pelatihan ini dan tetap melakukan pembinaan monitoring evaluasi kepada mereka. 

Selain itu, Lamhot juga berharap agar Pemerintah Kabupaten Asahan dapat mencari bapak angkat sebagai mitra mereka untuk dalam mengembangkan usahanya.

Kepada para peserta pelatihan Lamhot berharap agar mencoba membuka kembali usahanya dengan menerapkan ilmu yang didapat dari pelatihan ini serta memanfaatkan bantuan yang diberikan berupa alat-alat sesuai dengan jenis usahanya masing-masing.


Sementara itu, Kepala Disnaker Kabupaten Asahan yang diwakili oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Penempatan Tenaga Kerja
Nurasyah Harahap, SP, MM mengucapkan, atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan saya mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Disnaker Provsu yang telah melakukan pelatihan di Kabupaten Asahan. 

"Pelatihan ini memberikan dampak yang luar biasa kepada para peserta yang mengikuti pelatihan tersebut dan kami berharap agar para peserta pelatihan dapat membuka dan mengembangkan usaha yang akan di lakoninya, sehingga secara tidak langsung Pemerintah Kabupaten Asahan dapat mengurangi angka pengangguran di Kabupaten Asahan," kata Nurasyah Harahap yang sering disapa Nora.

Menutup wawancaranya Nora berharap kepada Pemerintah Provsu khususnya Disnaker Provsu dapat memberikan program-program yang dimiliki dalam menciptakan para wirausahaan di Kabupaten Asahan. (DS)

Post a Comment

Disqus