Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



LABUHANBATU, Sumutrealita.com – Bupati Labuhanbatu H Andi  Suhaimi Dalimunthe ST.MT bersama Ketua Dewan Pimpinan Daerah Persatuan Perawat Nasional Indonesia (DPD PPNI) Kabupaten Labuhanbatu Aswin Syahputra, S.Kep.Ners,MKM meninjau posko kesehatan yang dipasang didua titik masuk dan keluar masyarakat Rantauprapat, Sabtu (11/4/2020).

Posko kesehatan itu dipasang DPD-PPNI Kabupaten Labuhanbatu sebagai tindak lanjut dari arahan Bupati Labuhan batu H.Andi Suhaimmi  Dalimunthe untuk mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

“ Saya sangat mengapresiasi langkah sigap yang telah dilakukan oleh DPD-PPNI Labuhanbatu dalam membantu pemerintah untuk meminimalisir dan melakukan cegah dini penyebaran virus corona di Kabupaten Labuhanbatu,” kata Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe ST.MT dalam kunjungan tersebut.

Ia menyebutkan dengan berdirinya posko kesehatan ini diharapkan bisa bermanfaat dalam pencegahan penyebaran virus corona.

“ Dari segi kesiapan juga sudah cukup baik. Selain dilengkapi alat pengukur suhu tubuh, para tenaga medis juga dilengkapi dengan APD Standar kesehatan,” katanya.

Beliau mengharapkan dengan adanya posko ini bisa menjadi salah satu sumber data tentang siapa  warga atau masyarakat yang baru tiba atau keluar dari wilayah Labuhanbatu.

“ Kita harapkan masyarakat yang baru datang tersebut bisa langsung dilakukan cek kesehatan guna mengetahui status dan penanganan kesehatannya,” katanya.

Ketua DPD PPNI Labuhanbatu Aswin Syahputra, S.Kep.Ners,MKM juga menerangkan, pihaknya telah mendirikan 2 posko kesehatan dalam mencegah penyebaran virus corona di Kabupaten Labuhanbatu.

” Kita dirikan 2 posko kesehatan, satu kita tempatkan di Stasiun Kereta Api Rantauprapat dan satu lagi kita tempatkan di SPBU di jalan By Pass Rantauprapat, ” terangnya.

Aswin mengatakan bahwa disetiap posko sudah dilengkapi dengan alat deteksi suhu tubuh (body thermometer) dan disiapkan hand sanitizer.  Pihaknya  juga bekerjasama dengan pihak kesehatan Labuhanbatu sebagai tenaga medis untuk melakukan pengecekan kesehatan. Para tenaga medis yang bertugas di posko juga dilengkapi dengan alat pelindung diri standar kesehatan.

Selanjut Aswin  menambahkan bahwa posko kesehatan yang dirikan DPD PPNI Labuhanbatu ini bekerja sama dengan Karang Taruna Labuhanbatu, Dinas Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia Labuhanbatu, PMI dan beberapa stagholdes lainnya yang ada di Kabupaten Labuhanbatu.

Beliau menyebutkan pendirian posko kesehatan tersebut merupakan langkah sinergitas DPD PPNI dan Pemkab Labuhanbatu dalam meminimalisir penyebaran virus corona sesuai dengan arahan Bupati Labuhanbatu.

“ Di posko ini,  kita juga melakukan pencatatan dan pendataan terhadap masyarakat yang baru datang dan yang akan berangkat keluar daerah. Dengan data yang kita dapatkan, kita berharap bisa sedini mungkin melakukan penanganan dan penetapan status kesehatan masyarakat tersebut, ” tutup Aswin. (Red/BS)

Post a Comment

Disqus