/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



Asahan,Sumutrealita.com

Bupati Asahan, H Surya BSc di dampingi oleh Kadis Kominfo Kabupaten Asahan, Kepala Bagian Kesra Setdakab Asahan dan Kepala Bagian Protokol Setdakab Asahan laksanakan Safari Ramadhan 1441 H ke Masjid Al-Falah Desa Manis Dusun VI , Kecamatam Pulau Rakyat, Rabu (29/4/2020).

Kedatangam Bupati Asahan beserta rombongan disambut oleh Ketua BKM Masjid Al-Falah Muhammad Ridwan bersama jamah Masjid.
"Selamat datang Bupati Asahan beserta rombongan ke masjid kami ini," ujar Ridwan

Ridwan juga mengatakan bahwasanya masyarakat Desa Manis khususnya di Dusun VI ini sangat antusias melaksanakan ibadah puasa dan ibadah lainya setiap harinya tidak ada perubahan perubahan seperti tahun tahun sebelumnya.

Bupati Asahan sebelum menyampaikan bimbingan dan arahannya berkesempatan memberikan bantuan yang langsung direrima oleh ketua BKM Al-Falah berupa 1 uni jam digital dan uang sebesar Rp 2.000.000 serta dikesempatan ini juga, Bupati Asahan secara simbolis menyerahkan santunan kepada kaum dhuafa dan anak yatim sebesar Rp 200.000 sebanyak 25 orang.

Dalam bimbingan dan arahannya, Bupati Asahan menagatakan bahwa pelaksanaan Safari Ramadhan tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya dimana pelaksanaan kita laksanakan ba'da Dzuhur dengan jumlah jamaah tidak  lebih dari 20 orang, yang mana pada Safari Ramadhan tahun sebelumnya pelaksanaannya dilaksanakan setelah sholat  Isya dengan jumlah jamaah tidak dibatasi.

"Kita laksanakan kegiatan ini berbeda dari tahun tahun sebelumnya dikarenakan untuk mengantisipasi penyebaran virus covid-19 yang saat ini menjadi wabah virus nasional, "kata Bupati Asahan.

Dikesempatan ini Bupati Asahan menyampaikan himbauan yakni :

1. Kepada BKM agar dalam melaksanakan ibadah diharapkan mengikuti protokol kesehatan pencegahan covid-19 seperti, mensterilkan lantai (mengepel), kepada jamaah memakai masker, menyiapkan tempat cuci tangan, tidak bersentuhan, tidak menggunakan karpet dan jamaah diharapkan membawa sajadah sendiri.

2. Mempersingkat waktu pelaksanaan Sholat Tarawih dengan tidak mengabaikan rukun dan syarat, dan setelah salat tarawih.

3. BKM untuk selalu memantau jamaah shalat tarawih yang datang dari luar guna menghindari penyebaran covid-19.

4. Orang yang berstatus ODP, PDP dan OTG dilarang untuk menghadiri salat berjamaah di Masjid/lapangan.

5. BKM agar dalam menyediakan menu berbuka dalam bentuk kemasan, terjaga kebersihan dan kesehatannya serta tidak menerima jaburan.

6. Umat Islam untuk senantiasa membantu masyarakat yang kurang mampu, meningkatkan infaq,wakaf dan sedekah serta menyegerakan pembayaran zakat mal serta zakat fitrah di awal bulan Ramadhan.

7. Jika ada masayarakat yang meninggal akibat suspect covid-19, diharapkan masyarakat untuk tidak menolak pemakaman jenazah di makamkan di pemakaman umum setempat.
8. Laksanakan Sholat Idul Fitri di lapangan yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi dengan mengikuti protokol Covid-19.

9. Tidak melakukan mudik atau bepergian ke luar kota yang berpotensi dapat menularkan covid-19 dan tetap waspada terhadap bahaya covid-19.

10. Selanjutnya, apabila ada jamaah yang terganggu kesehatannya, maka BKM/jamaah segera menghubungi gugus tugas covid-19 Kabupaten Asahan di nomor 0811-6796-119 atau (0623) 347-924 atau petugas kesehatan setempat. 

Akhir kegiatan Safari Ramdhan Ini dilaksanakan pemberian tausiyah yang di sampaikan oleh Al Ustadz H Salman Abdullah Tanjung. (DS)

Post a Comment

Disqus