Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



LABUHANBATU, Sumutrealita.com
– Plt.Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) kabupaten Labuhanbatu Rajid Yuliawan  membantah isu yang menyebutkan adanya warga Rantauprapat yang terpapar positif Corona Virus Disease (Covid-19)  

“Tim dari Dinas Kesehatan Labuhanbatu melalui tim surveilans bersama Puskesmas Kota Rantauprapat tidak menemukan gejala Covid-19 yang kontak dengan seorang warga Tebingtinggi yang dinyatakan positif,” kata Rajid Yuliawan, Rabu (15/4/2020) .

Ia menyebutkan seorang  warga Kota Tebingtinggi yang dinyatakan terpapar positif  Covid-19, dan pernah datang berkunjung ke rumah keluarganya di Rantauprapat dan pernah kontak langsung dengan penderita membuat masyarakat Labuhanbatu menjadi resah.

Ia menyebutkan dengan maraknya isu tersebut, maka tim surveilans bersama Puskesmas Kota Rantauprapat mengecek atau melakukan test  kesehatan terhadap sejumlah warga yang diyakini pernah kontak langsung dengan penderita warga Tebingtinggi tersebut.

Warga Tebingtinggi yang berusia sekitar 44 tahun itu, katanya, pada tanggal 24 dan 25 Maret lalu bersama rekannya pernah menginap disalah satu penginapan di Jalan Urip Sumoharjo Rantauprapat.

Belakangan diketahui, warga Tebingtinggi tersebut dinyatakan terkonfirmasi positif Covid-19. Atas dasar itu, Pemkab Labuhanbatu mencari rekam jejak keberadaannya di Rantauprapat.

Kemudian tim Gugus Tugas Pencegahan Covid-19 Labuhanbatu berkoordinasi dengan pemilik penginapan, dimana warga Tebingtinggi dan rekannya pernah istirahat di penginapan tersebut.

Kemudian pada Rabu (15/4/2020) lalu tim memeriksa kesehatan rekan dari warga Tebingtinggi itu sesuai dengan standart penanganan Covid-19 dan  hasilnya negatif.

Selain itu, dua karyawan penginapan itu yang juga pernah kontak dengan pasien tersebut dilakukan pemeriksaan kesehatannya dan ternyata hasilnya juga negative.

Pasien yang terpapar positif Covid-19 itu merupakan warga Kota Lemang Tebingtinggi berprofesi sebagai sales obat-obatan.

Pasien tersebut bersama dua rekannya warga Medan setelah dari Padang Sidempuan singgah dan menginap di Rantauprapat.

Untuk mencegah penyebaran Covid-19, tim Labuhanbatu juga memeriksa adik dari warga Tebingtinggi itu yang bertempat tinggal di salah satu perumahan di Rantauprapat dan hasilnya pemeriksaan kesehatan mereka untuk sementara tidak ada gejala Covid-19.

“ Saya mengharapkan masyarakat jangan terlalu gampang percaya akan berita hoax dan masyarakat jangan panik, ” kata  Rajid. (bs)

Post a Comment

Disqus