Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Bupati Bintan Apri Sujadi Saat Rapat Bersama Sejumlah OPD (Fhoto : Istimewa)

BINTAN, Sumutrealita.com – Bupati Bintan Apri Sujadi mengatakan untuk menanggulangi dampak pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) pemkab Bintan mengalokasikan anggaran sebesar  Rp 1,8 juta,-  untuk setiap kepala keluarga (KK) yang akan dikucurkan terhitung untuk 3 bulan mulai dari bulan April hingga Juni 2020.

Adapun jumlah seluruh warga yang akan menerima setelah diverifikasi dengan program bantuan pusat sebanyak 35.560 KK, dari jumlah tersebut terdiri dari 26.428 KK penerima bantuan langsung tunai (BLT) daerah yang bersumber dari APBD, sedangkan sisanya 4.477 KK penerima BLT dari pusat dan 4.068 KK penerima dana PKH.

“Untuk data warga PKH mereka menerima insentif hanya Rp 200 ribu per bulan dari pusat, jadi akan kita subsidi melalui APBD senilai Rp 400 ribu per bulan setiap KK,” kata Bupati Binta, dikutip wartarakyat.com, Rabu (29/4/2020).

Dengan demikian jumlah total yang mereka terima akan sama dengan penerima lainnya dan total warga akan menerima senilai Rp 1,8 juta per KK untuk 3 Bulan.

Ia menyebutkan penerima insentif yang terdampak dari wabah virus corona tersebut juga tidak sembarangan, melainkan harus memenuhi kriteria agar tepat sasaran.

Bupati Bintan menyebutkan kriteria yang bisa mendapatkan bantuan itu adalah masyarakat yang tidak mampu dan masyarakat yang terkena dampak langsung seperti yang terkena PHK serta tidak memiliki penghasilan tetap.

Ia menyebutkan akan membuat kriteria penerimanya yang tepat. Sehingga penyaluran bantuan dana dan lainnya bisa berjalan lancar, sesuai aturan dan tepat sasaran.

Apri Sujadi yang juga Ketua Gugus Tugas Penanggulangan COVID-19 mengatakan dirinya tetap berusaha menjaga kestabilan situasi masyarakat di Kabupaten Bintan sebab dampak yang ditimbulkan akibat wabah ini sangat berdampak banyak bagi kehidupan sosial.

Oleh sebab itu, katanya, pemkab Bintan akan mengatur upaya pemenuhan segala kebutuhan dasar masyarakat dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Ia mengajak seluruh masyarakat Bintan untuk berdoa agar musibah ini lekas berlalu sehingga kehidupan sosial masyarakat kita kembali normal dan pariwisata Kabupaten Bintan segera pulih. (WR)

Post a Comment

Disqus