/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

(Fhoto : Istimewa)
JAKARTA, Sumutrealita.com - Kepala Biro Humas, Hukum, dan Kerjasama Kemenkumham Bambang Wiyono mengatakan, terjadi kebakaran di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Manado, Sulawesi Utara, Sabtu (11/4/2020).

Bambang mengungkapkan, kebakaran terjadi pada pukul 15.30 WITA itu dipicu oleh keributan para warga binaan yang meminta dibebaskan sesuai Peraturan Menteri Hukum dan HAM (Permenkumham) Nomor 10 Tahun 2020.

"Para warga binaan narkoba merasa dianak tirikan sehingga meminta disamakan dengan warga binaan tindak pidana umum lainnya," kata Bambang dalam keterangan tertulis, Sabtu (11/4/2020).

Bambang mengatakan, pemicu keributan lainnya adalah petugas Lapas khawatir mengenai wabah Covid-19, sehingga tak mengizinkan salah satu warga binaan untuk melayat orang tuanya yang meninggal dunia.

Lebih lanjut, menurut Bambang, tidak ada warga binaan yang melarikan diri atas kebakaran dan keributan tersebut.

"Informasi sementara, tidak ada warga binaan yang melarikan diri. Aparat keamanan siaga diluar lapas dalam rangka mengantisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan. Pada pukul 19.30 WITA kondisi lapas mulai aman terkendali," ujarnya.

Sebelumnya diberitakan, Lapas Tuminting, Manado, Sulawesi Utara, terbakar, pada Sabtu (11/4/2020) sore. Kebakaran diduga ulah para narapidana yang melakukan kerusuhan di dalam lapas.

Pantauan awak media, polisi bersenjata lengkap terlihat berjaga-jaga di luar Lapas Tuminting, Mando. Sejumlah akses menuju lokasi lapas ditutup sementara. Beberapa mobil pemadam kebakaran juga bersiaga di sekitar lapas.

Kapolresta Manado Kombes Benny Bawensel sempat bernegosiasi dengan narapidana di pintu masuk Lapas Tuminting Manado. Benny meminta para narapidana menenangkan diri. Tapi, para narapidana tak mau bernegosiasi di sana. Mereka meminta Benny masuk ke dalam lapas. Namun, Beny menolak permintaan itu. Narapidana pun kembali mengamuk.

"Lempar, serbu," teriak narapidana dari dalam lapas.

Kaca gedung di dalam lapas terlihat hancur karena dilempari batu oleh para penghuni. Api pun terlihat menyala di beberapa bagian gedung Lapas Tuminting Manado itu.

Informasi yang dikumpulkan, terdapat satu narapidana yang terkena tembakan petugas saat berusaha mengendalikan kerusuhan. Narapidana itu telah dilarikan ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Akibat kerusuhan itu, warga sekitar juga mulai mendatangi lapas. Mereka berkumpul di depan lapas sampai dibubarkan polisi. (Kompas.com)



Post a Comment

Disqus