Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


LABUHANBATU, Sumutrealita.com
– Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi Dalimunthe bersama keluargamnya mengikuti rapid test yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan di rumah dinas Bupati di Jalan W. R Supratman Kecamatan Rantau Utara  Kamis (2/4/2020).

Kepala Dinas Kesehatan H.Kamal Ilham SKM, MM usai melakukan rapid test tersebut mengatakan hasil rapid test yang dilakukan terhadap Bupati Labuhanbatu H. Andi Suhaimi dan keluarganya dinyatakan dalam keadaan sehat.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kamal Ilham SKM.MM bahwa rapid test ini perlu dilakukan mengingat Bupati Labuhanbatu H.Andi Suhaimi Dalimunthe,ST.MT selalu melakukan kegiatan  kelapangan yang bersentuhan  dengan masyarakat seperti  membangikan masker, mengikuti penyemprot disinfektan, sidak ke pasar serta kegiatan lainnya.

“ Rapid test ini dilakukan agar pemerintah dan petugas kesehatan bisa mengetahui siapa saja orang-orang yang berpotensi menyebarkan Corona Virus Disease (Covid-19)  dan melakukan tindakan pencegahan agar jumlah kasus Covid-19 tidak semakin bertambah,” katanya.

“Rapid Test ini biasa dilakukan pada orang-orang yang berpotensi menularkan virus corona, misalnya ODP, baik itu traveler yang baru tiba ataupun orang yang pernah kontak fisik dgn PDP ataupun orang yang dikonfirmasi positif Covid -19,” tambahnya . 

Kamal Ilham Juga menjelaskan, rapid test adalah metode skrining awal untuk mendeteksi antibodi, yaitu IgM dan IgG, yang diproduksi oleh tubuh untuk melawan pandemi Covid-19, antibodi ini akan dibentuk oleh tubuh bila ada paparan virus corona.

“Bila antibodi ini terdeteksi di dalam tubuh seseorang, artinya tubuh orang tersebut pernah terpapar atau dimasuki oleh virus Corona. Namun, perlu dketahui, bahwa pembentukan antibodi ini memerlukan waktu, bahkan bisa sampai beberapa minggu,” jelasnya.

Dapat disimpulkan bahwa rapid test hanyalah sebagai pemeriksaan skrining atau pemeriksaan penyaring, bukan pemeriksaan untuk mendiagnosa infeksi virus corona atau Covid-19.

Turut hadir dalam rapid test itu Kepala Dinas Kominfo Rajid Yuliawan S. Kom. Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Atia Muchtar Hasibuan, beserta tim kesehatan dari Dinas Keesehatan. (BS)

Post a Comment

Disqus