Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


BINTAN, Sumutrealita.com
- Pemerintah Provinsi Kepri akan segera mempersiapkan laboraturium Polymerase Chain Reaction (PCR) yang bakal menganalisis sampel swab Covid-19 di Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Kelas I Batam.

“Saat ini kita sedang mempersiapkan alat pendukung untuk pengoperasian dua unit alat PCR yang diterima Provinsi Kepri dari Singapura,”  kata Plt Gubernur Provinsi Kepri H Isdinto, Rabu (8/4/2020).

Isdianto mengatakan dengan bantuan dua unit PCR yang diterima Pemprov Kepri tersebut dapat digunakan jika alat pendukung pengoperasian PCR tersebut ada. Untuk itu Pemprov Kepri sedang mempersiapkan membeli alat pendukung tersebut.

“Kita akan pesan sebanyak 1.000 unit bahan pendukung untuk mendapatkan hasil tes yang semakin akurat,” tegas Isdianto.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri Tjetjep Yudayana mengatakan bahwa saat ini Pemerintah Provinsi Kepri mendapatkan bantuan dua unit PCR dan 20.000 test kit.

“Nantinya jika alat pendukung tersebut telah tersedia di BTKLPP Kepri, hasil akan lebih cepat didapat pasien dan tanpa perlu menunggu pemeriksaan di Jakarta, dibutuhkan waktu delapan hari baru dapat. Sementara, jika sudah dicek di BTKLPP Batam, dua hari hasil pemeriksaan swab sudah keluar,” jelas Tjetjep.

Tjetjep juga mengatakan bahwa pemprov Kepri pun akan memberikan insentif untuk tenaga BTKLPP agar kinerjanya diharapkan semakin optimal, cepat dan tepat. (Red/IR)

Post a Comment

Disqus