/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Produksi Tanaman  Cabe Rawit Dengan Metode Dapat Meningkat



LINGGA, Sumutrealita.com –  Produksi tanaman cabe  rawit dapat meningkat jika ditanam dengan menerapkan metode Demplot. Apalagi petani menerapkan inovasi teknologi budidaya, menggunakan Varietas Unggul Baru (VUB) ,pemupukan dan perawat yang intensif yang disesuaikan dengan demografi wilayah.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga sukses menanam cabe rawit dengan menerapkan metode Demplot atau Demontration plot di lahan percontohan di desa Lanjut, Lingga.

Pendamping sawah, penyuluh bersama Kabid Pertanian, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Lingga, Hernowo dan  POPT(Petugas Organisasi Pengganggu Tanaman) dari DPKP Kabupaten Lingga melaksanakan panen cabe rawit di lahan Demplot Sawah desa Lanjut tersebut, Senin (2/8/2021) sore.

“ Alhamdulillah cabe rawit yang sudah berhasil dipanen sebanyak 170 kilogram,” kata Hernowo.

Menurut Hernowo bahwa Demplot atau Demontration plot itu adalah metode penyuluhan pertanian yang ditujukan kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan dengan maksud agar para petani bisa melihat dan membuktikan terhadap objek yang didemonstrasikan.

Ia menyebut langkah ini diambil sebagai solusi bagi para petani di masa pandemi Covid-19,mengingat hasil yang menjanjikan dari panen cabe tersebut bisa membantu mereka dari segi ekonomis serta menjadi nilai tambah perekonomian bagi masyarakat.

Hernowo mengharapkan dengan menggunakan metode Demplot,  petani bisa menerapkan inovasi teknologi budidaya,VUB(Varietas Unggul Baru),pemupukan dan lain-lain yang disesuaikan dengan demografi wilayah tersebut.

 (Ri)


Post a Comment

Disqus