/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Megawati Ceritakan Sejarah Bendera Merah Putih Dihadapan Purnapaskibraka


JAKARTA, Sumutrealita.com - Presiden ke-5 Republik Indonesia Megawati Soekarnoputri bercerita soal sejarah bendera merah putih dihadapan purnapaskibraka yang bertugas menjadi pasukan pengibar bendera dalam upacara di Istana Merdeka, Jakarta.

"Kalian sudah ditempa untuk membawa sebuah bendera, bendera itu bukan sembarang bendera," kata Megawati di acara Purnapaskibraka Duta Pancasila seperti dalam video di akun YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (18/8/2021).

Dia menjelaskan mengapa bendera Indonesia berwarna merah putih. Menurutnya, bendera merah putih diambil dari simbol Kerajaan Majapahit.

"Itu mengambil simbol dari Kerajaan Majapahit yang namanya umbul-umbul gula kelapa. Dulu bukan begitu benderanya, tapi kan umbul-umbul lebih panjang, itu sudah dipake ketika Kerjaan Majapahit. Gula kelapa itu dari gula kelapa, gula aren, kelapa toh putih. Jadi artinya merah putih adalah berani dan suci, jadi bukan sembarangan," ucapnya.

Lalu, dia bercerita tentang bendera pusaka yang dijahit oleh ibunya, Fatmawati. Megawati menyebut dulu Fatmawati memang disuruh presiden pertama Indonesia, Soekarno, untuk menjahit bendera merah putih.

"Jadi waktu sebelum kemerdekaan, ibu saya disuruh oleh bapak saya, ini bukan nostalgia, ini sejarah Republik Indonesia, ibu saya disuruh menjahit mencari warna merah itu ternyata sulit. Ibu saya bilang, kebetulan ada juga orang Jepang, pegusaha, saya masih ingat namanya Bapak Simitzu, dia itu simpatisan Indonesia. Jadi dialah yang mencarikan warna merah, jadi dijahit oleh ibu saya," ujarnya.

"Itu lah yang pertama dikibarkan di Gedung Pegangsaan Timur yang sekarang disebut Gedung Proklamasi," imbuhnya.

(detik.com)

Post a Comment

Disqus