/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

Rapat Virtual dengan PTPN III dan PTPN IV, Bupati Sergai Ajukan Kerjasama Pemamfaatan Kandang Sapi


SERGAI, Sumutrealita.com
–  Bupati Sergai H Darma Wijaya mengharapkan kerjasama dengan memanfaatkan aset yakni kandang sapi yang dimiliki oleh PTPN III dan PTPN IV. 

Hal itu disampaikan Bupati Sergai didampingi Wabup Sergai H Adlin Umar Yusri Tambunan  saat melakukan rapat secara virtual bersama jajaran PTPN III dan PTPN IV guna membahas kerjasama pemanfaatan kandang sapi, Kamis (26/8/2021) di Ruang Rapat Wabup Komplek Kantor Bupati Sergai, Sei Rampah.

Turut hadir dalam rapat itu,  Asisten Pemum dan Kesra Hj Nina Deliana Hutabarat, Kadis Perkim Sofyan Suri, Kadis Pertanian Dedi Iskandar, Plt. Kadis Ketahanan Pangan  Andreas Ginting, Kabag Pemerintahan Mhd Wahyudhi dan Kabag Kerjasama Romian Parulian Siagian.

“ Kerjasama dengan memanfaatkan aset yang dimiliki oleh PTPN III dan PTPN IV merupakan salah satu cara untuk mewujudkan Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius,” kata Bupati Sergai H Darma Wijaya

Ia menyebutkan kerjasama itu diajukan lantaran dirinya melihat ada kandang sapi yang tidak digunakan lagi di sekitar area PTPN III dan PTPN IV.

“ Oleh karenanya, kami berinisiatif  jika diberi ijin ataupun dengan cara menyewa kepada pihak terkait untuk memanfaatkan lahan ini. Hal ini agar seluruh peternak sapi yang menggembalakan di area perkebunan, akan diarahkan untuk menempatkan ternaknya ditempat yang sudah disediakan sehingga tidak dilepas secara liar,” ujar Bupati.

Beliau mengharapkan jajaran PTPN III dan PTPN IV berkenan memberikan fasilitas tersebut. Ia juga berkeyakinan, jika peternakan dirawat dan ditempatkan dengan baik maka hasilnya juga akan baik. Hal ini karena sudah dipraktekannya di peternakan miliknya.

“ Berdasarkan dengan apa yang telah kami praktekkan, hasilnya sangat memuaskan dan tentunya akan beda dengan yang digembala. Ini juga salah satu cara kami untuk menyosialisasikan kepada masyarakat yang intinya kami menginginkan agar masyarakat maupun perusahaan sama-sama untung,” terangnya.

Mudah mudahan dengan pertemuan secara virtual ini, bisa menjadi masukan kepada Pemkab Sergai, yang selama ini masyarakat banyak yang memberikan masukan kepada kami terkait penggembalaan sapi di lahan perkebunan milik PTPN.

“ Jika ini bisa diwujudkan tentunya peternakan akan berkembang dengan baik, dan saya berharap kebutuhan daging sapi di Tanah Bertuah Negeri Beradat dapat terpenuhi,” tandasnya.

Bupati, Wabup Sergai H Adlin Tambunan juga berharap rencana pemanfaatan aset milik PTPN III dan PTPN IV bisa berjalan sebagai mana yang kita inginkan.  Semua ini bertujuan untuk mewujudkan visi Sergai yang Mandiri, Sejahtra dan Religius.

“ Kami akan berupaya semaksimal mungkin guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera, dalam hal ini berupaya melakukan kegiatan penggemukan sapi secara optimal dan maksimal. Semoga kerjasama dan sinergitas yang kita bangun di Sergai ini bisa sama-sama berjalan sebagai mana yang kita harapkan bersama,” katanya.

Sementara itu secara virtual, Doni P. Gandamihardja Bagian Umum PTPN III dan PTPN IV mengutarakan bahwa penggunaan lahan kandang yang dimiliki oleh pihak PTPN III dan PTPN IV yang akan digunakan oleh Pemkab Sergai adalah dengan sistem sewa guna.

Ia mengatakan secara detailnya bisa dibuat skema yang tentunya telah disetujui oleh kedua belah pihak untuk dapat dilaksanakan. Hal ini karena untuk penggunaan lahan yang akan digunakan oleh pihak lain tentu memiliki peraturan yang telah ditetapkan pemerintah.

“ Oleh karenanya kedepan kita akan berkoordinasi dengan Instansi yang membidangi pertanahan. Semoga dengan kerjasama ini dapat meningkatkan kesejahteraan khususnya peternak sapi di Kabupaten Sergai,” tutupnya.

 (Red)

Post a Comment

Disqus