/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali

KMP Tirus Meranti Diluncurkan Untuk Melayani Lintas Pecah Buyung – Alai Insit


KARIMUN, Sumutrealita.com  - Kapal penyeberangan penumpang Ro-Ro 300 GT (KMP. Tirus Meranti) lintas Pecah Buyung – Alai Insit diluncurkan sebagai angkutan penyeberangan di Kabupaten Meranti, Provinsi Riau oleh Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Darat pada Selasa (10/8/2021) pagi 

Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Budi Setiyadi meluncurkan KMP Tirus Meranti didampingi oleh Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan (TSDP), Cucu Mulyana di PT. Multi Ocean Shipyard, Tanjung Balai Karimun.

“Pada kesempatan ini, saya atas nama Pimpinan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan menyampaikan ucapan selamat kepada Direksi dan segenap karyawan di PT. Multi Ocean Shipyard yang telah mendapatkan kepercayaan pemerintah untuk melaksanakan pembangunan kapal penyeberangan penumpang Ro-Ro 300 GT lintas Pecah Buyung – Alai Insit. Selamat karena telah menyelesaikan pembangunan kapal ini sesuai dengan spesifikasi teknis yang ditentukan, sehingga performa dan stabilitas kapal saat beroperasi nanti bisa maksimal sesuai dengan yang telah direncanakan dan diharapkan,” kata Dirjen Budi saat menyampaikan sambutannya dalam peluncuran KMP. Tirus Meranti.

Adapun spesifikasi KMP. Tirus Meranti yakni panjang keseluruhan 39,38 m, lebar 11 m, tinggi 3,30 m, kecepatan dinas 10 knot, muatan penumpang 180 orang, muatan kendaraan 21 unit sedan (MPV), 12 truk sedang, dan 7 unit truk besar.

Dengan spesifikasi dan kapasitas angkut yang telah ditetapkan oleh Satker Direktorat Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan, Dirjen Budi berharap dapat memperlancar transportasi dan meningkatkan konektivitas di wilayah Kabupaten Meranti, Provinsi Riau serta selesainya pembangunan kapal penyeberangan ini diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Dalam kesempatan kali ini, saya menyampaikan bahwa peluncuran kapal merupakan hal penting dari bagian pembangunan kapal, karena pada saat itulah untuk pertama kalinya sebuah kapal akan mengapung di air. Momen peluncuran kapal ini pun akan dicatat sebagai tanggal dimulainya perhitungan yang terkait dengan docking periodik kapal tersebut,” katanya.

Sementara Direktur Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan, Cucu Mulyana, menjabarkan bahwa Tahun Anggaran 2021 ini, Direktorat Jenderal Perhubungan Darat melalui Satker Direktorat Transportasi Sungai Danau dan Penyeberangan melaksanakan pembangunan kapal penyeberangan sebanyak 5 (lima) unit kapal penyeberangan termasuk KMP. Tirus Meranti.

“Pembangunan kapal–kapal tersebut merupakan perwujudan komitmen pemerintah untuk selalu memberikan kemudahan aksesibilitas bagi pelaksanaan pembangunan daerah terutama di wilayah–wilayah yang terpencil sesuai misi Direktorat Jenderal Perhubungan Darat yaitu menciptakan sistem pelayanan transportasi darat yang aman, selamat, dan mampu menjangkau masyarakat dan wilayah Indonesia. Kepada segenap jajaran PT. Multi Ocean Shipyard dan Konsultan Pengawas PT. Refindo Ewimora kami ucapkan selamat karena telah menyelesaikan pembangunan KMP. Tirus Meranti ini dengan baik, sampai dengan peluncuran ini progres fisik telah mencapai 92%, maka pada kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi yang setinggi - tingginya atas prestasi, kerja keras, keseriusan, dan komitmen yang telah ditunjukkan oleh PT. Multi Ocean Shipyard,” ucap Cucu.
 
Melalui kehadiran KMP. Tirus Meranti ini, Dirjen Budi berharap agar kapal penyeberangan yang akan dioperasikan ini dapat dimanfaatkan secara optimal serta berfungsi semaksimal mungkin untuk melayani masyarakat di Kabupaten Meranti. Turut hadir juga dalam kegiatan ini yaitu Wakil Bupati Kepulauan Meranti, AKBP (Purn) H.Asmar. (HS/PTR/EI)



Post a Comment

Disqus