Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


BATAM, Sumutrealita.com - Seluruh Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Batam akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun ini. Kepala Dinas Pendidikan Kota Batam, Hendri Arulan mengatakan jumlah sekolah yang melaksanakan UNBK untuk tahun ini meningkat sekitar 70 persen jika dibandingkan dari tahun sebelumnya,.
 
“Tahun ini UNBK SMP sudah 100 persen. Karena sarana prasarana telah dilengkapi. Terutama sekolah negeri. Kalau swasta tak perlu khawatir,” kata Hendri Arulan di Batam Centre, Senin (2/3/2020).
 
Menurutnya ada 185 SMP negeri dan swasta yang akan melaksanakan UNBK di Batam tahun ini. Jumlah ini sudah termasuk sekolah yang ada di pulau Penyangga.
 
“Tapi ada 32 sekolah yang masih menumpang di sekolah lain. Sedangkan 153 lainnya sudah melaksanakan UNBK secara mandiri,” kata dia.
 
Adapun sekolah yang masih menumpang antara lain SMP yang ada di Kecamatan Belakangpadang. Bisa menumpang di SMP lain atau di SMA yang ada di pulau.
 
Selain itu sejumlah sekolah juga masih meminjam laptop orang tua siswa. Hal ini dilakukan lantaran jumlah komputer di sekolah yang belum mencukupi.
 
“Untuk pelaksanaannya nanti bisa dibagi menjadi tiga sesi, tergantung ketersediaan sarana prasarana di sekolah,” paparnya.
 
Dinas Pendidikan juga sudah mengecek ke sekolah-sekolah terkait kesiapan menghadapi UNBK ini. Termasuk melihat kesiapan peladen atau server. Juga sudah dilakukan simulasi di tiap sekolah. Agar peserta didik mengetahui cara menjawab soal ujian. (MCB)

Post a Comment

Disqus