/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



Asahan,Sumutrealita.com

Bupati Asahan, H Surya BSc bersama dengan Staf Ahli Gubsu Bidang Hukum, Politik dan Pemerintahan, Nouval Mahyar SH,  Forkopimda, Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura Provsu, Sekda, OPD, Kabag, Camat, Kepala Desa, kelompok tani dan masyarakat menghadiri panen padi di Rawang Panca Arga, Senin (16/3/2020).

" Tema dari kegiatan ini adalah Membangun desa, menata kota menuju Sumatera Utara yang agraris dan bermartabat"

Acara ini juga dirangkai penyerahan bantuan benih padi, jagung, bibit cabe, alsintan cultivator, alsintan hand sprayer, kartu tani dan klaim asuransi kepada kelompok tani.

H Surya menyampaikan sektor pertanian merupakan salah satu prioritas pembangunan Asahan, mengingat cukup besarnya peluang yang dapat dikembangkan untuk peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekaligus pengembangan prekonomian daerah. Akan tetapi untuk mewujudkannya, kita masih memiliki kendala seperti produktivitas lahan yang belum optimal, penggunaan benih bermutu yang masih rendah, tingkat kehilangan hasil yang masih tinggi serta dukungan sarana dan prasarana yang masih belum memadai.

Maaih kata, H Surya mengatakan  bahwa hingga saat ini Pemkab Asahan telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan pencapaian produksi pangan di Asahan yakni pengembangan sarana dan prasarana jalan usaha tani, pembangunan jaringan irigasi, penyediaan alat/mesin pertanian, peningkatan produktivitas melalui penggunaan benih unggul, perluasan areal tanam, pengamanan hasil produksi dan penguatan kelembagaan. H Surya berpesan kepada kelompok petani agar menjaga lahan pertanian pangan khususnya lahan sawah dengan tidak melakukan alih fungsi terutama lahan lahan yang telah miliki saluran irigasi.

Sementara Nouval Mahyar SH menyampaikan apresiasi atas perkembangan potensi padi di Asahan. “Saya melihat potensi padi bisa lebih besar lagi, sehingga Asahan merupakan salah satu Kabupaten penerima program Integrated Participatory Development and Management of Irrigation (IPDMIP) yang mendorong pengelolaan irigasi secara integratif dan partisipatif dalam mewujudkan kedaulatan pangan”, ujar Mahyar.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir Kecamatan Rawang Panca Arga dan Meranti mengalami peningkatan produktivitas padi rata-rata 5.69%. Kita berharap Asahan dapat menjadi salah satu lumbung beras di Sumatera Utara. 

"Dengan adanya panen padi saat ini, kita berharap semakin banyak petani yang semangat mempertahankan lahan sawahnya untuk terus bertanam padi", ujar Mahyar. (DS)

Post a Comment

Disqus