/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali



ASAHAN, Sumutrealita.com – Bertempat di Gedung Dekranasda Kabupaten Asahan, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan menggelar rapat sebagai upaya untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona Disease (Covid-19), Senin (30/03/2020).

Bupati Asahan, H Surya Bsc yang juga Ketua Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan yang memimpin rapat itu mengatakan bahwa Gedung Dekranasda Kabupaten Asahan untuk sementara waktu ini akan diubah fungsi sebagai Posko Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan dalam hal pencegahan penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Asahan.

Beliau menyebutkan bahwa digedung tersebut, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan akan merencanakan setiap kegiatan yang akan dilakukan dalam pencegahan dan penanganan covid-19 di Kabupaten Asahan, seperti halnya yang akan dilaksanakan pada esok hari Selasa (31/03/2020), Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan akan melakukan penyemprotan disinfektan di seputaran wilayah Kota Kisaran.

“ Kegiatan penyemprotan  cairan disenfektan itu merupakan kegiatan Nasional yang dilaksanakan diseluruh Wilayah Indonesia dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 yang menjadi wabah virus Nasional,” katanya.

Untuk saat ini, katanya, kondisi Kabupaten Asahan dalam status siaga darurat dan kita berharap kondisi status siaga darurat ini tidak berubah menjadi kondisi status tanggap darurat di Kabupaten Asahan.

Beliau juga menghimbau agar seluruh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan, untuk berkumpul di gedung Dekranasda Kabupaten Asahan pada esok hari pada jam 09.00 WIB  untuk melaksanakan penyemprotan disinfektan dengan menggunakan 1 buah mobil water canon dari Polres Asahan dan 4 buah mobil pemadam kebakaran dari Satpol PP Kabupaten Asahan dengan rute Gedung Dekranasda, Jalan Cokro Aminoto Kisaran, Jalan Imam Bonjol Kisaran, Jalan Sisingamaharaja Kisaran dan berakhir di Gedung Dekranasda.

Selain itu, bupati Asahan juga mengintruksikan agar seluruh Camat se-Kabupaten Asahan untuk melakukan penyemprotan disinfektan diwilayahnya masing-masing.

“Kita akan melakukan penyemprotan disifektan ini secara berkesinambungan, karena kita Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan akan terus berupaya mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Asahan,”katanya.

Kapolres Asahan AKBP Nugroho Dwi Karyanto yang juga hadir dalam rapat tersebut mengatakan Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan telah bergerak dalam mengantisipasi penyebaran virus covid-19 di Kabupaten Asahan dengan melakukan pengecekan suhu tubuh dan setrilisasi kepada para TKI Asal Malaysia yang pulang ke Kabupaten Asahan dan ini merupakan suatu prestasi bagi Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan, karena menjadi acuan bagi Kabupaten/Kota yang lain.

 

“ Kita akan terus memonitor para TKI yang balik ke Kabupaten Asahan, dan disinilah kita memerlukan kerjasama masyarakat dalam memberikan informasi kepada Tim Gugus Tugas tentang adanya masyarakat yang baru kembali dari Luar Negeri ataupun Luar Daerah yang dianggap pandemic covid-19, sehingga mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Asahan dapat kita putus penyebarannya,” kata Kapolres Asahan.

Selain itu Kapolres Asahan juga meminta kepada Pemerintah Kabupaten Asahan selalu memberikan informasi dan himbauan kepada masyarakat tentang perkembangan covid-19 di Kabupaten Asahan dengan melalui media cetak maupun media informasi lainnya.

“Dan kepada seluruh aparatur Kelurahan/Desa sampai Kecamatan berilah himbauan kepada masyarakatnya untuk mematuhi peraturan yang telah dibuat oleh Pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran covid-19 di Kabupaten Asahan dengan tidak keluar rumah dan menjauhi tempat-tempat yang menjadi kerumunan massa,” ujar Kapolres Asahan.

Diseluruh Puskesmas di Kabupaten Asahan, katanya, harus ada posko pengaduan covid-19, sehingga masyarakat dapat lebih mudah mencari informasi serta memeriksakan dirinya di posko tersebut.

“ Saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi penyebaran covid-19 di kabupaten Asahan dan jadikan kegiatan ini untuk kemashalatan masyarakat banyak di Kabupaten Asahan,” katanya.

Hal senada disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Asahan Baharuddin Harahap dan Dandim 0208 Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh, S. Sos mengatakan siap mendukung setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Asahan dalam pencegahan covid-19 di Kabupaten Asahan. (DS)

Post a Comment

Disqus