/*-- Start Maintenance Template -- */ /*-- Akhir Maintenance Template -- */

Ads (728x90)

Dilihat 0 kali


SERGAI, Sumutrealita.com –  Kwalitas anak dan generasi muda menentukan tingkat kemajuan bangsa. Setiap anak perlu mendapat kesempatan yang seluas-luasnya untuk tumbuh berkembang secara optimal baik fisik, mental maupun sosial. Tidak kalah penting anak juga harus memperoleh perlindungan dan terpenuhi hak-haknya.

“ Setiap orang tua agar senantiasa memperhatikan hak-hak anak, serta merawat dan mengasuhnya dengan penuh kasih sayang dan tanggungjawab," kata Bupati Sergai dalam sambutannya yang diampaikan oleh Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy AP, MAP saat acara peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 yang digelar di Desa Besar II Terjun Kecamatan Pantai Cermin, Kamis (14/11/2019)

Turut hadir dalam kegiatan ini, Wakil Ketua DPRD Sergai Merlin Barus, Ketua TP PKK Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman,  Ketua GOPTKI Sergi Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Sergai Ny. Uke Retno Faisal Hasrimy, para Kepala OPD, para Camat, PKK se-Kecamatan Sergai, serta anak-anak Kabupaten Sergai.

Peringatan HAN tahun 2019 ini mengusung thema “ Peran Keluarga dalam Perlindungan Anak”  dengan slogan " Kita Anak Indonesia, Kita Gembira."

Bupati Sergai juga mengingatkan agar anak-anak di Sergai, agar terus belajar, rajin beribadah dan berolahraga. Hormat dan taatlah kepada orang tua dan guru kalian, teruslah berprestasi, berkreasi dan berinovasi agar anak-anak ku menjadi manusia yang unggul di masa depan.

“ Saya mengharapkan agar para remaja untuk  menjauhi narkoba dan menghindarkan diri dari berbagai aktivitas yang tidak baik dan tidak bermanfaat,” katanya.

Bupati Sergai juga berpesan agar diera keterbukaan informasi dan majunya teknologi media, supaya para remaja dan seluruh masyarakat supaya tidak terpengaruh dan tergiur oleh materi media yang negatif, serta hiruk pikuk budaya asing yang tidak sesuai dengan nilai dan kepribadian bangsa.

Kabupaten Sergai, katanya,  telah banyak melahirkan berbagai program, kebijakan dan kegiatan yang fokus memperhatikan anak seperti pengurusan akta kelahiran gratis yang saat ini juga dinas P2KBP3A membuat perjanjian kerjasama dengan Dinas Capil tentang pemenuhan hak sipil anak seperti akte kelahiran dan kartu Identitas Anak (KIA), wajib belajar 12 tahun, puskesmas ramah anak, sekolah ramah anak, desa layak anak serta sudah terbentuknya pusat pelayanan terpadu pemberdayaan perempuan dan anak (P2TP2A) Kabupaten Sergai sekaligus telah dibentuknya Forum Penanganan Kekerasan Anak (FPKA) di kecamatan.

Selaku ketua panitia penyelenggara Hari Anak Nasional tahun 2019, Kadis P2KBP3A, Hj. Irwani Jamilah, S.H, M.Si dalam laporannya mengatakan tujuan kegiatan ini adalah memberikan pemahaman bahwa anak merupakan generasi penerus cita-cita perjuangan bangsa dan semangat kebangsaan dan karenanya anak harus memiliki bekal keimanan, kepribadian, kecerdasan, keterampilan, jiwa dan semangat kebangsaan serta kesegaran jasmani agar dapat tumbuh dan berkembang menjadi manusia yang berbudi luhir, bersusila cerdas dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Memperingati Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019, Pemkab Sergai mengagendakan berbagai kegiatan yaitu : pemberian bingkisan bagi anak berprestasi dalam berbagai bidang sebanyak 10 orang, pemberian kartu Identitas anak secara simbolis, pameran buku oleh mobil perpustakaan keliling Kantor Perpusatakaan Arsip dan Dokumentasi, temu wicara bersama anak dan hiburan.

 (Red/BS)

Post a Comment

Disqus